Rabu 19 Oct 2022 17:48 WIB

Pemkot Bandung Targetkan Seluruh Wilayahnya Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Pemkot Bandung mengupayakan 58 kelurahan bebas BABS pada 2023.

Red: Ratna Puspita
Wali Kota Yana Mulyana
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Wali Kota Yana Mulyana

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di Provinsi Jawa Barat menargetkan seluruh wilayahnya bebas buang air besar sembarangan (BABS) dalam upaya mewujudkan kota yang sehat. Menurut Wali Kota Bandung Yana Mulyana sekitar 62 persen wilayah Kota Bandung sudah bebas BABS.

Pemkot Bandung, ia mengatakan, mengupayakan 58 kelurahan bebas BABS pada 2023 agar seluruh wilayahnya bisa 100 persen bebas BABS. Wali Kota menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bandung telah mengalokasikan anggaran Rp1,4 triliun atau sekitar 24 persen dari seluruh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk pelayanan kesehatan dasar dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Baca Juga

Pemerintah kota, ia mengatakan, membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh unsur masyarakat untuk mewujudkan masyarakat dan kota yang sehat. "Kolaborasi dari berbagai pihak tetap dibutuhkan," kata Yana di Kota Bandung, Rabu (19/10/2022).

Dia mendorong pengurus Forum Bandung Sehat (FBS) yang baru dilantik mendukung upaya pemerintah kota untuk mewujudkan kota sehat, kota yang bebas dari BABS. 

Ketua Umum FBS Yunimar Mulyana menyatakan siap membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement