Kamis 20 Oct 2022 19:19 WIB

Gibran Mengaku tak Berambisi Jadi Gubernur

Gibran ingin menyelesaikan dulu tugasnya di Solo.

Rep: C02/ Red: Teguh Firmansyah
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merespons soal namanya yang diajukan Forum Mantan Aparatur Desa Indonesia (Forumadi) maju di pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng) mendatang. Gibran mengaku tak berambisi dan belum memiliki niatan untuk melangkah di perairan lebih dalam.

"Saya itu tidak ada niat mau kemana-mana dulu. Nek aku nduwe ambisi, aku mesti wes muter ning ngendi-ngendi (kalau aku punya ambisi, aku pasti sudah berkeliling kemana-mana) aku kan nang kene terus (aku kan di sini terus," kata Gibran, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga

Ketika disinggung apakah dirinya akan maju di (pilgub) Jateng atau DKI? Gibran bersikukuh bahwa pihaknya akan memfokuskan diri menyelesaikan pekerjaan di sisa masa jabatannya. Namun, ia tetap mengapresiasi atas dukungan para relawan.

"Sekali lagi, jawabannya sama, fokus dulu di Solo. Terimakasih untuk doanya, terimakasih. Tapi yang jelas, saya masih fokus dulu di Solo. Saya masih harus menyelesaikan pekerjaan dulu di solo, ya. Durung genap 2 tahun," jelasnya.

Selain itu, Gibran juga menanggapi ketika ditanya jika itu dari perintah ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri pihaknya akan mengikuti. Namun, sekali lagi pihaknya menegaskan tugasnya sebagai Walikota di Solo.  

"Ya sudah (kalau itu perintah) yowes to, tapi saya masih harus menyelesaikan pekerjaan di Solo, fokus dulu di Solo," jelasnya.

Mengenai komunikasi dengan Forumadi, Gibran mengatakan bahwa pihaknya belum melakukannya. Namun, ia tidak menafikan dan menutup diri untuk audiensi. "Kalau audiensi siapa saja saya terima, silahkan. Terimakasih untuk inisiatifnya nanti akan kami terima di sini," kata Gibran.

Sebelumnya, dari keterangan tertulis Ketua Umum Forumadi Sumarsono menyatakan dukungan ini berdasarkan pada hasil kerja nyata yang dinilainya telah dirasakan warga. Bagi mereka Gibran adalah sosok yang tepat maju sebagai gubernur.

"Berdasarkan pada adanya berbagai hasil kerja nyata yang dirasakan oleh warga, kepemimpinan yang tegas dan mumpuni, serta adanya visi masa depan terarah, kami menyatakan mendukung Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi Gubernur Jawa Tengah," jelas Sumarsono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement