Jumat 21 Oct 2022 10:31 WIB

SpaceX Gantikan Rusia pada Sebagai Peluncur Dua Misi Eropa 

Peluncuran di atas roket SpaceX akan berlangsung masing-masing pada 2023 dan 2024.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Roket SpaceX Falcom 9 terlihat melengkung di langit menuju bulan yang memudar, dilihat dari Shepard Park di Cocoa Beach, Florida, Sabtu, 15 Oktober 2022, setelah diluncurkan dari Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station.
Foto: Malcolm Denemark/Florida Today via AP
Roket SpaceX Falcom 9 terlihat melengkung di langit menuju bulan yang memudar, dilihat dari Shepard Park di Cocoa Beach, Florida, Sabtu, 15 Oktober 2022, setelah diluncurkan dari Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Badan Antariksa Eropa (ESA) telah memilih SpaceX untuk menggantikan badan antariksa Rusia sebagai peluncur dua misi penting dalam dua tahun ke depan. Dua misi ESA yang dipilih untuk peluncuran SpaceX Falcon 9 adalah teleskop ruang angkasa Euclid pemburu materi gelap dan probe Hera, yang akan menindaklanjuti misi asteroid DART Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang sukses.

Peluncuran di atas roket SpaceX akan berlangsung masing-masing pada 2023 dan 2024. Kedua misi tersebut awalnya direncanakan untuk diluncurkan oleh badan antariksa Rusia, Roscosmos, dengan roket Soyuz. Akan tetapi hubungan yang tegang setelah invasi berkelanjutan Rusia ke Ukraina telah mendorong ESA untuk mencari vendor peluncuran lainnya.

Baca Juga

Pengumuman itu dibuat oleh kepala ESA Joseph Aschbacher selama sesi informasi setelah pertemuan Dewan ESA yang disiarkan di saluran YouTube agensi. “Kami juga telah membuat kemajuan besar pada sejumlah keputusan, semuanya bersama-sama 18 keputusan yang dibuat di dewan ini,” kata Aschbacher kepada wartawan pada sesi informasi, dilansir dari Space, Jumat (21/10/2022).

“Satu sedang diluncurkan. Hari ini keputusan telah dibuat tentang peluncuran Euclid, Earthcare, dan Hera. Sekadar informasi: Kami, negara-negara anggota, telah memutuskan bahwa Euclid dan Hera diusulkan untuk diluncurkan di Falcon 9 , dan Earthcare akan diluncurkan di Vega C.”

“Seperti yang Anda semua tahu, ini adalah tindakan sementara yang perlu kami luncurkan di peluncuran lain, terutama karena tap out dari Soyuz,” lanjut Aschbacher. Kepala ESA kemudian mentweet (membuka di tab baru) bahwa “Keputusan telah diambil untuk melanjutkan peluncuran misi #Earthcare, #Euclid dan #Hera.”

Earthcare adalah satelit pengamat Bumi ESA yang akan bergabung dengan program Copernicus Eropa, konstelasi pesawat ruang angkasa pemantau iklim. Seperti yang dicatat Aschbacher, Earthcare sekarang tidak akan diluncurkan pada Soyuz tetapi pada Vega C, sebuah roket yang dioperasikan oleh perusahaan Prancis Arianespace yang memulai debutnya pada Juli lalu.

Pengumuman ESA berasal dari invasi Rusia ke Ukraina dan mengakibatkan sanksi yang telah merenggangkan hubungan antara badan antariksa Barat dan Roscosmos. Pada Februari 2022, Aschbacher menegaskan bahwa ESA akan terus bekerja sama dengan Rusia sehubungan dengan invasi Ukraina, meskipun para pakar kebijakan luar angkasa meragukannya.

Keraguan itu sekarang tampaknya cukup beralasan. Selain misi Euclid, Hera, dan Earthcare, Badan Antariksa Eropa telah mengakhiri kerja sama dengan Roscosmos dalam program penjelajah Mars pemburu kehidupan yang dijadwalkan diluncurkan akhir dekade ini.

"Situasi yang menyebabkan penangguhan kerja sama dengan Roscosmos, perang di Ukraina dan sanksi yang dihasilkan, terus berlanjut," cicit Aschbacher saat itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰىةِ وَمُبَشِّرًاۢ بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗٓ اَحْمَدُۗ فَلَمَّا جَاۤءَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ قَالُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan (ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata, “Wahai Bani Israil! Sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu, yang membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan seorang Rasul yang akan datang setelahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Namun ketika Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, “Ini adalah sihir yang nyata.”

(QS. As-Saff ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement