Jumat 21 Oct 2022 15:15 WIB

Ditandai 100 Kesepakatan Dagang, Hari Pertama TEI Cetak 1,19 Miliar Dolar AS

Diapresiasi para eksportir dan mitra dagang yang telah menandatangani kesepakatan

Red: Hiru Muhammad
Hari pertama Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 langsung menunjukkan prestasi menggembirakan. Ditandai 100 kesepakatan dagang yang ditandatangani secara serentak dengan buyers dari 14 negara, TEI berhasil mencetak transaksi sebesar USD 1,19 miliar atau setara dengan Rp18,45 triliun.
Foto: dok. istimewa
Hari pertama Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 langsung menunjukkan prestasi menggembirakan. Ditandai 100 kesepakatan dagang yang ditandatangani secara serentak dengan buyers dari 14 negara, TEI berhasil mencetak transaksi sebesar USD 1,19 miliar atau setara dengan Rp18,45 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG--Hari pertama Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 langsung menunjukkan prestasi menggembirakan. Ditandai 100 kesepakatan dagang yang ditandatangani secara serentak dengan buyers dari 14 negara, TEI berhasil mencetak transaksi sebesar USD 1,19 miliar atau setara dengan Rp18,45 triliun. Dengan sangat bangga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyaksikan penandatanganan yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten.

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi antusiasme para eksportir dan mitra-mitra dagang yang  telah hadir dan berperan aktif dalam penandatanganan serentak hari ini. "Saya yakin kepercayaan dan antusiasme para mitra dagang dari luar negeri terhadap para pelaku usaha Indonesia merefleksikan besarnya kepercayaan mereka terhadap momentum 'Strengthening Global Trade For Global Recovery' yang diusung Indonesia dalam TEI ke-37," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga

Penandatanganan 100 kesepakatan dagang tersebut terdiri atas 99 nota kesepahaman (MoU) dan satu letter of intent (LoI). Sementara itu, nilai kesepakatan dagang sebesar USD 1,19 miliar terdiri atas kontrak dagang pelaku usaha Indonesia dengan pembeli Jepang (USD 411,25 juta), Malaysia (USD 175,89 juta), Mesir (USD 150,00 juta), Belanda (USD 120,11 juta), Arab Saudi (USD 112,99 juta), Italia (USD 82,95 juta), Inggris (USD 62,00 juta), Amerika Serikat (USD 42,00 juta), Australia (USD 11,65 juta), Brasil (USD 10,00 juta), Spanyol (USD 10,10 juta), Jerman (USD 3,00 juta), Bangladesh (USD 2,00 juta), dan Filipina (USD 43,00 ribu).

photo
 Penandatanganan 100 kesepakatan dagang tersebut terdiri atas 99 nota kesepahaman (MoU) dan satu letter of intent (LoI). - (dok. istimewa)

 

Komoditas yang termasuk dalam kontrak dagang meliputi makanan dan minuman, produk perikanan, produk kertas, cangkang kelapa sawit, makanan olahan, obat-obatan, sayuran, briket, gula aren, kopi, furnitur, produk kecantikan, rempah-rempah, produk kayu, dan ban kendaraan bermotor. Selain itu, terdapat pula kontrak investasi untuk proyek pasokan daya dari darat untuk memenuhi kebutuhan listrik kapal sandar (shore to ship power supply).

Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan apresiasinya kepada para perwakilan perdagangan Indonesia, yaitu Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di negara- negara akreditasi. "Perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja memperluas produk-produk Indonesia di pasar-pasar negara mitra sehingga dapat meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia," tandas Mendag Zulkifli Hasan.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, Kemendag terus mengantisipasi berbagai penandatanganan lainnya yang dapat terjalin selama pelaksanaan TEI ke-37 dan upaya-upaya tindak lanjut pascapenyelenggaraan TEI.

"Kali ini kita menyaksikan penandatanganan kesepakatan dagang secara serentak antara pelaku usaha Indonesia dan para pembeli dari luar negeri. Kami mengapresiasi usaha-usaha yang telah ditempuh hingga terwujud penandatanganan ini dan kami mengantisipasi berbagai kesepakatan bisnis selanjutnya," kata Didi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement