Jumat 21 Oct 2022 20:29 WIB

Franck Ribery Umumkan Pensiun, Jadi Asisten Pelatih di Klub Salernitana

Ribery terus menerus diganggu cedera dalam beberapa tahun terakhir.

Red: Israr Itah
Franck Ribery dari Salernitana
Foto: EPA-EFE/MASSIMO PICA
Franck Ribery dari Salernitana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan bintang Bayern Muenchen dan timnas Prancis Franck Ribery resmi mengumumkan gantung sepatu pada Jumat (21/10/2022). Dia akan bergabung sebagai staf pelatih Davide Nicola di Salernitana.

Pemain berusia 39 tahun itu terus menerus diganggu cedera dalam beberapa tahun terakhir. Akibatnya, ia tak bisa maksimal membela klubnya. 

Baca Juga

Ribery sudah terkenal saat memperkuat Olympique Marseille. Akan tetapi namanya semakin melambung ketika bergabung dengan Bayern Muenchen pada musim panas 2007, di mana ia meraih kesuksesan dan kejayaan di Jerman dan Eropa.

Ribery menghabiskan 12 tahun bersama raksasa Bavaria, membuat 425 penampilan di semua kompetisi, di mana ia mencetak 124 gol dan memberikan 182 assist. Dia memenangkan sembilan gelar Bundesliga, enam piala Jerman, gelar Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub FIFA. 

Setelah meninggalkan Bayern, pria Prancis itu menghabiskan dua tahun bersama Fiorentina sebelum menutup kariernya bersama Salernitana. Ribery mengonfirmasi pengunduran dirinya via media sosianya, dengan mengatakan, “Bola berhenti. Emosi di dalam diri saya tidak. Terima kasih semua untuk petualangan yang luar biasa ini,” tulisnya, dikutip dari Football Italia.

Ribery akan mengucapkan selamat tinggal kepada para penggemar Salernitana menjelang pertandingan mereka melawan Spezia Sabtu (22/10/2022), sebelum bergabung dengan staf Nicola.

Pelatih Salernitana mengonfirmasi kepindahannya dari pemain ke staf ruang belakang klub dalam konferensi pers hari ini. “Memilikinya sebagai staf kami adalah suatu kesenangan. Dia bisa melakukan apa saja di mana saja di dunia dan sebaliknya dia telah menerima untuk tinggal bersama kami. Dia akan menjadi kolaborator serba bisa, dia adalah pelatih potensial karena kepribadian, pengetahuan, dan kemampuannya untuk mengecilkan dan membaca momen," kat Nicola..

“Dia sekarang berada di sisi lain pagar dan akan dapat merasakan dinamika yang berbeda. Saya masih suka kemauannya untuk belajar. Saya harap dia bisa berada di sisi saya di bangku cadangan besok," kata Nicola.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement