Senin 24 Oct 2022 16:56 WIB

Waspadai Penyakit Ini, Bisa Jadi Pemicu Stroke

Confidence memiliki popok yang tepat untuk penderita stroke

Red: Sandy Ferdiana
  Confidence memiliki popok yang tepat untuk penderita stroke.
Foto: Istimewa
Confidence memiliki popok yang tepat untuk penderita stroke.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Stroke merupakan penyakit atau gangguan fungsional otak dengan adanya kelumpuhan saraf yang diakibatkan oleh gangguan aliran darah di salah satu bagian otak. Data Kementrian Kesehatan RI tahun 2014 menunjukkan, penderita stroke yang telah terdiagnosis di wilayah DKI Jakarta sebanyak 92.833 orang, atau 12,2 persen dari jumlah penduduknya.

Untuk se-Indonesia jumlahnya mencapai 7 persen atau 1.236.825 orang. Dari jumlah dan penderita yang menunjukan gejala diperkirakan 21,1 persen. Berdasarkan hasil penelitian, penyebab sakit stroke bisa berasal dari hipertensi, jantung, alkohol, diabetes mellitus dan dapat disebabkan karena multifactorial, bukan hanya karena jenis kelamin. Seseorang yang memiliki satu atau lebih faktor risiko, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan serangan stroke iskemik.

Berbeda dengan orang yang normal, ancaman stroke terjadi suatu saat bila faktor risiko tidak dikendalikan. Banyak pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari stroke. Yakni dengan menjaga pola hidup sehat dan mengendalikan faktor risiko menjadi hal yang sangat krusial.

Perlunya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui tekanan darah, kadar gula darah, terutama pada kelompok usia di atas 45 tahun. Dengan begitu stroke dapat dicegah sedini mungkin.

Menurut World Health Organization (WHO), gejala stroke yang mudah terdeteksi jika gejala kelemahan mendadak atau mati rasa pada wajah, lengan atau kaki, dan paling sering pada satu sisi tubuh. Gejala lain termasuk kebingungan, kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan, kesulitan melihat dengan satu atau kedua mata, kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan atau koordinasi, sakit kepala parah tanpa diketahui penyebabnya, pingsan atau tidak sadarkan diri, sesegera mungkin untuk ke rumah sakit.

Penyakit stroke bukanlah penyakit menular. Namun selalu mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir. Dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, berdasarkan penelitian di 2013 oleh Riskesdas, Jawa Barat termasuk wilayah dengan prevalensi stroke cukup tinggi, yakni 12 persen.

Brand Group Manager Confidence Yuana Wijaya mengatakan, dalam merawat penderita stroke banyak hal yang perlu disiapkan. Tujuannya untuk memperbaiki mobilitas, mencegah kekakuan dan nyeri pada sendi, mencegah luka dan cidera kulit, pencapaian perawatan diri secara mandiri, mengontrol eliminasi, perbaikan proses pikir, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, perbaikan fungsi keluarga, serta mencegah adanya komplikasi lainnya.

‘’Pemenuhan kebutuhan dasar penderita stroke di rumah pada umumnya dibantu oleh keluarga,’’ ungkap Yuana. Salah satu yang wajib disiapkan ialah popok dewasa, dan saat ini sudah banyak sekali pilihan popok dewasa lansia.

Dikutip dari situs Tanya Confidence, merawat penderita stroke secara langsung akan berdampak pada tersedianya waktu keluarga penderita stroke. Pengetahuan dan pemahaman keluarga akan memengaruhi sikap dan perilaku keluarga dalam merawat keluarga yang korban stroke.

Menurut penelitian Budiman dan Riyanto pada 2013, ada lima perawatan yang perlu dilakukan oleh anggota keluarga yang mengalami stroke. Yaitu perawatan kulit dan mata, pemberian makan, pengendalian buang air besar (BAB), mencegah jatuh, dan pengendalian buang air kecil (BAK).

‘’Produk yang harus selalu ada untuk merawat penderita stroke ialah popok dewasa,’’ katanya. Confidence memiliki dua jenis popok dewasa terbaik, yaitu popok perekat untuk lnsia dengan kondisi tirag baring, dan popok celana bagi lansia yang masih aktif.

Popok dewasa tipe celana, lanjutnya, cocok untuk lansia yang masih aktif karena memiliki bahan Lycra, sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh. Daya serapnya bisa mencapai 6 kali lebih banyak, dan SAP anti bakteri untuk mencegah iritasi serta cocok untuk kulit sensitif.

Sementara bagi lansia dengan kondisi berbaring, dapat menggunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night. Kedua produk ini dapat digunakan dua diapers di siang hari dan satu diapers di malam hari.

Dengan Diamond Core Technology, produk ini dapat menyerap lebih cepat, halal dan teruji klinis. Daya serap yang pas untuk kebutuhan siang dan malam, sehingga memberikan kenyamanan 24 jam bagi kesayangan.

‘’Confidence selalu memberikan yang terbaik bagi orang tersayang, agar mereka selalu aktif dan berani lebih pede jika ingin melakukan aktivitas," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement