Rabu 26 Oct 2022 04:59 WIB

Liga Champions: Madrid Tumbang di Markas RB Leipzig

Real Madrid menderita kekalahan pertama musim ini setelah takluk 2-3 dari RB Leipzig.

Red: Israr Itah
Para pemain RB Leipzig merayakan gol ke gawang Real Madrid di Liga Champions, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Para pemain RB Leipzig merayakan gol ke gawang Real Madrid di Liga Champions, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- RB Leipzig mengambil langkah besar menuju babak gugur Liga Champions dengan kemenangan kandang 3-2 atas Real Madrid di red Bull Arena, Leipzig, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB. Gol-gol dari Josko Gvardiol, Christopher Nkunku, dan Timo Werner menjadi penentu kemenangan tuan rumah.

Tim Jerman itu berada di urutan kedua Grup F dengan sembilan poin, satu angka di belakang Real Madrid dan tiga poin di atas Shakhtar Donetsk, yang akan mereka hadapi dalam pertandingan grup terakhir, pekan depan. RB Leipzig membutuhkan hasil imbang untuk menjamin posisi dua besar.

Baca Juga

Dengan Real Madrid yang sudah lolos ke babak 16 besar, manajer Carlo Ancelotti mengistirahatkan beberapa starter reguler. Akibatnya, Madrid ditekan tuan rumah sejak awal. Leipzig yang menampilkan tim muda memimpin pada menit ke-13 ketika Gvardiol mencetak gol melalui bola muntah penyelamatan kiper Thibaut Courtois dari tandukan Andre Silva.

Leipzig memperbesar keunggulan mereka lima menit kemudian ketika David Raum mencoba untuk mengumpan ke dalam kotak. Bola dibelokkan pemain Madrid ke jalur Nkunku, yang dengan cepat bereaksi dan menyambut bola. 

Leipzig memiliki dua peluang bagus lagi tetapi Courtois menyelamatkan tendangan Amadou Haidara dari tepi kotak. Nkuku kemudian melepaskan tembakan jarak dekat yang melebar setelah menaklukkan Courtois yang bergerak cepat tetapi berakhir dengan tendangan sudut sempit yang mencoba menemukan gawang yang kosong.

“Saya pikir kami keluar dengan sangat terganggu pada awal pertandingan dan tertidur melawan tim yang sangat agresif,” kata penjaga gawang Real Courtois kepada Movistar Plus.

"Pelatih Ancelotti memperingatkan kami sebelum pertandingan bahwa mereka adalah tim yang penuh semangat di kandang, sangat agresif, tetapi kami masih memulai dengan lambat dan membayar harganya. Tidak dapat diterima penampilan kami di awal pertandingan, kami tidak bisa kebobolan dua gol dari sepak pojok di awal pertandingan."

Perlahan-lahan Madrid bangkit dan gantian menekan. Vinicius Jr membawa Real kembali ke permainan sebelum turun minum dengan sundulan yang masuk tepat di dalam tiang kiri. Skor 2-1 menutup babak pertama.

Real bangkit dengan lebih kuat di babak kedua. Raksasa Spanyol mendominasi penguasaan bola dan kehilangan beberapa peluang meski membiarkan diri mereka terkena serangan balik.

Pelatih Leipzig Marco Rose melihat peluang tersebut dan melakukan tiga pergantian pemain untuk memanfaatkannya. 

Mereka melewatkan tiga peluang melalui Nkunku dan Dani Olmo sebelum pemain pengganti Werner menyerang dari jarak dekat untuk menyelesaikan serangan cepat pada menit ke-81 dan membuat Leipzig unggul 3-1.

Setelah dilanggar, Rodrygo bangkit untuk mengonversi penalti untuk gol kedua Real pada injury time. Sayang, gol itu tidak cukup untuk menghindari kekalahan pertama mereka di semua kompetisi musim ini.

“Kami tahu Madrid kuat dalam menguasai bola dan akan ada fase di mana kami didorong mundur,” kata Werner. "Rose menyuruh kami untuk berani saat menguasai bola dan itulah yang kami lakukan. Kami telah mencapai apa yang kami inginkan. Kami memilikinya di tangan kami sendiri (untuk lolos ke 16 besar) dan bahkan tidak perlu menang melawan Shakhtar sekarang."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement