Rabu 26 Oct 2022 13:24 WIB

Demokrat: Pertemuan Surya Paloh-AHY Silaturahmi Internal

Forum pertemuan Surya Paloh-AHY berlangsung tertutup.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan)
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra membenarkan adanya pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Berdasarkan informasi, pertemuan keduanya dilakukan di Wisma Nusantara, Jakarta.

Namun, ia mengatakan bahwa pertemuan AHY dan Surya Paloh adalah bentuk silaturahmi internal. Karena itu, forum tersebut berlangsung tertutup dan tak diungkapkan ke publik.

Baca Juga

"Pertemuan kekeluargaan saja, silaturahmi internal. Mas AHY dan Pak Surya Paloh ini kan memang punya kedekatan sejak lama," ujar Herzaky lewat keterangannya, Rabu (26/10/2022).

Herzaky mengatakan, AHY sangat menghormati sosok Surya Paloh sebagai politikus senior di Indonesia. Bahkan, ia mengatakan, Surya Paloh berperan sebagai king maker pada pemilihan presiden (Pilpres) 2004 dan 2019.

"Kemungkinan di 2024 ini. Begitu pula Pak Surya Paloh, sangat respek dan mengapresiasi perjalanan politik AHY yang berhasil melakukan transformasi di Partai Demokrat dalam dua setengah tahun terakhir," ujar Herzaky.

"Beliau-beliau berdua pun akhir-akhir ini memang semakin intens berkomunikasi dan bersilaturahmi. Hanya, namanya pertemuan kekeluargaan dan internal, tentunya tidak banyak yang bisa kami ungkap ke publik. Begitu pula dengan rencana tempat dan waktu," sambungnya.

Kemarin, AHY bertemu dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di kediamannya. Pertemuan dan diskusi tersebut terjadi di sela pembahasan calon wakil presiden (cawapres) yang dilakukan tim kecil Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

AHY mengatakan, kunjungannya ke banyak wilayah di Indonesia menjadi salah satu bahan diskusi dengan Anies. Tujuan diskusi adalah saling menyamakan catatan untuk mencari solusi persoalan bangsa.

"Utamanya titik temu dalam nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar yang kami anut, people first, utamakan rakyat. Caranya mungkin bisa berbeda, tapi sejatinya misinya sama. Justru ini akan saling melengkapi dan mengisi satu sama lain," ujar AHY dalam keterangannya yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Rabu (26/10/2022). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement