Rabu , 26 Oct 2022, 23:29 WIB

Varane Absen Bela MU Hingga Piala Dunia 2022, Masih Berpeluang Ikut ke Qatar

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Israr Itah
Pemain Manchester United Raphael Varane, kiri, bereaksi saat meninggalkan lapangan setelah cedera saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Chelsea di Stadion Stamford Bridge di London, Sabtu, 22 Oktober 2022.
Foto AP/Frank Augstein

Pemain Manchester United Raphael Varane, kiri, bereaksi saat meninggalkan lapangan setelah cedera saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Chelsea di Stadion Stamford Bridge di London, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Peluang Varane tampil di Piala Dunia tergantung pemulihan dan keputusan Deschamps.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag memastikan, Raphael Varane akan menepi dari skuad MU setidaknya hingga gelaran Piala Dunia 2022 pada pertengahan November mendatang. Varane diketahui mengalami cedera hamstring saat United memetik hasil imbang 1-1 di markas Chelsea, akhir pekan lalu. 

Bek tengah asal Prancis itu terpaksa ditarik keluar saat laga tersebut menginjak menit ke-60. Varane mengalami cedera saat berduel dengan Pierre-Emerick Aubameyang dalam perebutan bola. Mendapatkan bantuan saat berjalan meninggalkan lapangan, mantan bek tengah Real Madrid itu juga terlihat emosional dan menitikan air mata. 

Baca Juga

Bek tengah berusia 29 tahun itu dikhawatirkan absen membela Prancis di gelaran Piala Dunia 2022. Pasalnya, kurang dari sebulan lagi, les Bleus sudah dijadwalkan tampil pada laga perdana penyisihan Grup D Piala Dunia 2022, tepatnya saat menghadapi Australia di Stadon Al Janoub, Qatar. 

Pelatih MU Erik ten Hag menyampaikan, Varane tidak bisa tampil dalam enam laga United berikutnya di semua ajang, termasuk melawan kontra Sheriff Tiraspol di penyisihan Grup E Liga Europa, Jumat (28/10/2022) dini hari WIB. 

"Raphael Varane tidak akan berada di tim ini di laga tersebut. Bisa dipastikan, dia akan absen hingga Piala Dunia 2022. Dia tidak akan memperkuat Manchester United di sisa laga sebelum memasuki jeda internasional," ujar Ten Hag seperti dilansir Sky Sports, Rabu (26/10/2022). 

Kendati begitu, eks pelatih Ajax Amsterdam itu menilai, Varane masih memiliki peluang untuk bisa tampil di Piala Dunia pertama yang digelar di kawasan Timur Tengah tersebut. Peluang Varane untuk merumput di Qatar 2022, ujar Ten Hag, bergantung sepenuhnya pada proses pemulihan cederanya. 

"Saya rasa, dia masih bisa tampil di Piala Dunia. Namun, tentu saja, kami masih harus melihat perkembangan proses pemulihan cedera yang tengah dijalaninya," kata pelatih asal Belanda tersebut. 

Sebelumnya, peluang Varane untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022 dilaporkan mulai terbuka. Cedera yang dialami pengoleksi 87 caps buat Timnas Prancis itu tidak separah yang diperkirakan sebelumnya. Varane diperkirakan sudah bisa pulih sepenuhnya dalam rentang waktu antara tiga hingga empat pekan. 

"Berdasarkan hasil pemindaian, Varane memang mengalami cedera hamstring. Namun, cedera ini tidak separah yang diperkirakan sebelumnya. Dia masih memiliki peluang tampil di Piala Dunia 2022'' tulis laporan AFP, beberapa waktu lalu.

Ini berarti peluang Varane ikut ke Piala Dunia tergantung pemulihan keputusan pelatih timnas Prancis Didier Deschamps. Bila menilai Varane akan bisa dimainkan di tengah turnamen, Deschamps mungkin memutuskan membawa Varane.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
piala dunia piala dunia 2022 piala dunia qatar raphael varane manchester united man utd erik ten hag timnas prancis
Berita Terpopuler
Berita Lainnya