Rabu 26 Oct 2022 23:59 WIB

Simeone Andalkan Pengalaman Atletico Kala Jamu Bayer Leverkusen

Atletico Madrid masih di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B Liga Champions.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Atletico Madrid Pablo Simeone
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Pelatih kepala Atletico Madrid Pablo Simeone

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Atletico Madrid dijadwalkan menghadapi Bayer Leverkusen pada laga keempat penyisihan Grup B Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. Laga ini menjadi krusial buat Los Rojiblancos untuk bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Hanya mampu mengemas satu kemenangan dari empat laga awal penyisihan Grup B, Atletico masih terpuruk di peringkat ketiga klasemen sementara.  Finalis Liga Champions musim 2013/2014 itu masih tertinggal dua poin dari Porto, yang duduk di peringkat kedua atau posisi terakhir untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga

Di grup ini, Brugge sudah lebih dulu memastikan diri sebagai wakil ke babak 16 besar usai memetik 10 poin buah dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang dari empat laga. Porto dan Atletico bakal bersaing keras dalam dua laga terakhir untuk memperebutkan tiket terakhir ke fase gugur dari Grup B. 

Pelatih Atletico Diego Simeone mengungkapkan, pengalaman tampil di Liga Champions bakal menjadi modal terbesar anak-anak asuhnya dalam meladeni permainan Leverkusen di Stadion Wanda Metropolitano tersebut. Pelatih asal Argentina itu menilai, anak-anak asuhnya sudah terbiasa dengan tekanan untuk bisa meraih hasil maksimal di Liga Champions. 

"Para pemain sudah terbiasa dengan pertandingan seperti ini. Mereka sudah tahu apa yang ahrus dilakukan dan dibutuhkan (untuk bisa menang). Sebenarnya, kondisinya tidak berbeda saat tampil di kompetisi lain, seperti liga ataupun kompetisi domestik," ujar Simeone seperti dilansir laman resmi UEFA, Rabu (26/10/2022). 

Apabila menilik pengalaman berpartisipasi di pentas Liga Champions, Los Rojiblancos jelas lebih unggul dibanding Die Werkself, julukan Leverkusen. Atletico tidak pernah absen merumput di Liga Champions dalam sembilan musim terakhir. Bahkan, di empat edisi terakhir, klub asal Ibu Kota Spanyol itu selalu mampu menembus fase gugur kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa tersebut. 

Di sisi lain, Leverkusen tercatat hanya dua kali tampil di pentas Liga Champions dalam enam musim terakhir. Kendati Los Rojiblancos dinilai unggul dari aspek pengalaman, Simeone tetap tidak mau memandang remeh kemampuan Leverkusen untuk bisa memetik poin dari laga ini. Menurutnya, kehadiran Xabi Alonso, yang ditunjuk sebagai pelatih anyar Die Werkself pada awal bulan ini, telah menyuntikan kepercayaan diri tersendiri buat para penggawa Leverkusen. 

''Kami akan menghadapi tim, yang mulai bangkit seiring dengan kehadiran pelatih baru. Tentu saja, ada antusiasme baru saat tampil di Liga Champions. Mereka juga diperkuat dengan pemain yang memiliki kecepatan. Laga ini akan sangat kompleks,'' ujar eks pelatih Catania tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement