Kamis 27 Oct 2022 01:43 WIB

Liga Champions: Inter Milan Lolos ke 16 Besar, Barcelona Dipastikan Tersingkir

Inter memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions setelah atasi Viktoria Plzen 4-0.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
Penyerang Inter Milan Edin Dzeko (kanan) menjebol gawang Viktoria Plzen dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Giuseppe Meaza, Milan, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Penyerang Inter Milan Edin Dzeko (kanan) menjebol gawang Viktoria Plzen dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Giuseppe Meaza, Milan, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Inter Milan memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai mengalahkan Viktoria Plzen 4-0 dalam pertandingan kelima Grup C Liga Champions, di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Kamis (27/10) dini hari WIB. Kemenangan ini sekaligus memastikan Barcelona tersingkir dari turnamen ini apa pun hasilnya saat melawan Bayern Muenchen sebentar lagi.

Inter mengumpulkan nilai 10 dari lima laga. Andai Barcelona mengalahkan Muenchen dan kemudian Plzen, poin maksimal tim asuhan Xavi Hernandez hanya 10. Jika poin Barcelona dan Inter sama pada klasemen akhir, Inter menang head to head karena mengalahkan Barcelona di Giuseppe Meazza kemudian bermain imbang di Camp Nou.

 

Jalannya laga

 

Permainan berlangsung dengan tempo sedang. Inter menguasai penguasaan bola sejak menit pertama. Sementara Plzen lebih bertahan yang membuat tuan rumah cukup kesulitan menembus ke area penalti.

 

Pada menit kesembilan Plzen memanfaatkan kesempatan kecil dengan salah satu pemainnya melakukan tembakan dari luar kotak penalti namun melenceng tipis ke sisi kiri gawang Inter. Tim tamu mulai berani keluar menyerang memasuki menit ke-10.

 

Hal tersebut menjadikan pertandingan kian menarik. Para pemain Inter juga harus bekerja keras memotong laju serangan lawan. Tak ada peluang membahayakan yang diciptakan kedua tim hingga menit ke-20.

Baca Juga

Edin Dzeko dan Lautaro Martinez tak banyak berkutik menghadapi adangan bek-bek Plzen. Pada menit ke-24 Dimarco nyaris membawa Inter unggul jika tembakannya tak diblok oleh kiper Plzen.

 

Plzen nyaris tak memiliki kesempatan menyerang memasuki selepas menit ke-20. Itu karena pertahanan mereka digempur oleh Dzeko dan kawan-kawan.

 

Henrikh Mkhitaryan membawa Inter unggul 1-0 pada menit ke-35 setelah menyambut umpan silang Alessandro Bastoni dengan sundulan. Bola yang mengarah ke sisi kiri gawang tak bisa dijangkau oleh kiper Plzen.

 

Edin Dzeko menggandakan keunggulan pada menit ke-42. Melalui skema serangan yang dibangun dari sisi kanan pertahanan Plzen, Dimarco mengirimkan umpan ke tiang dekat yang disambut oleh sontekan Dzeko. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum. 

 

Nerazzuri tetap tampil dominan pada babak kedua. Edin Dzeko, Martinez, Dimarco dan Calhanoglu beberapa lali memberikan ancaman kepada pertahanan Plzen. Dan pada menit ke-66, Dzeko mencetak gol keduanya untuk membawa Inter unggul 3-0.

 

Tertinggal tiga gol, Plzen yang mengincar poin pertamanya di Liga Champions berusaha keluar menyerang. Pada menit ke-75 tembakan Adam Vlkanova diblok. Romelu Lukaku yang masuk sebagai pemain pengganti menutup kemenangan Inter 4-0 berkat golnya pada menit ke-87.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement