Kamis 27 Oct 2022 16:29 WIB

Warga Tangkap Buaya di Tepi Sungai Batanghari yang Meluap

Warga mengikat mulut dan badan buaya yang ditemukan di Sungai Batanghari, Jambi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga menemukan buaya di Sungai Batanghari yang sedang meluap (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Warga menemukan buaya di Sungai Batanghari yang sedang meluap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Desa Sungai Baung, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, menangkap seekor buaya di pinggir aliran Sungai Batanghari yang sedang meluap. "Ya, buaya itu tadi malam ditangkap sekitar pukul 24.00 WIB atau menjelang Kamis dinihari oleh warga," kata Kades Desa Sungai Baung, M Ridwan saat ditemui di lokasi, Kamis (27/10/2022).

Menurut Ridwan, buaya tersebut ditemukan pertama kali oleh warga bernama Fahri (67 tahun) yang saat itu sedang berada di salah satu ketek atau perahu miliknya. Ukuran panjang buaya itu sekitar 1,5 meter atau masih berukuran kecil.

Setelah berhasil ditangkap, kata dia, buaya itu diamankan oleh warga sekitar dengan cara diikat pada bagian mulut dan badannya. "Buaya tersebut sempat dijadikan tontonan warga sekitar yang penasaran dengan hewan aligator itu," ujar Ridwan.

Untuk penemuan buaya di tepi sungai itu merupakan pertama kalinya terjadi. Ridwan khawatir masih banyak buaya berukuran lain yang berkeliaran di sepanjang sungai Batanghari tersebut. Warga sudah mengontak pemerintah maupun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDA) untuk datang ke lokasi penemuan buaya.

Tujuannya agar petugas BKPSDA melakukan pengamanan terhadap hewan aligator itu. Ridwan juga mengimbau masyarakat sekitar agar menjaga anak-anaknya untuk tidak bermain di pinggir Sungai Batanghari. Pasalnya, debit Sungai Batanghari dalam beberapa hari terakhir meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement