Jumat 28 Oct 2022 14:12 WIB

Polisi: 30 Sekolah di Jakbar Kerap Terlibat Tawuran

Polisi mencatat ada sebanyak 30 sekolah di Jakarta Barat yang kerap terlibat tawuran.

Red: Bilal Ramadhan
Pelajar sekolah yang berhasil diamankan saat akan melakukan tawuran antar pelajar. Polisi mencatat ada sebanyak 30 sekolah di Jakarta Barat yang kerap terlibat tawuran.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Pelajar sekolah yang berhasil diamankan saat akan melakukan tawuran antar pelajar. Polisi mencatat ada sebanyak 30 sekolah di Jakarta Barat yang kerap terlibat tawuran.

REPUBLIKA.CO.ID,

Taiching:

Baca Juga

MET-20221028134920.XML

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat mencatat sebanyak 30 sekolah di wilayah hukumnya yang siswanya kerap terlibat tawuran akibat persoalan sepele saling ejek melalui media sosial.

"Ada 30 sekolah yang siswanya terindikasi sering tawuran. Ini menjadi tanggung jawab moril kita untuk mencegah itu," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Pasma Royce saat memberikan penyuluhan ke SMA Bhara Trikora, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (28/10/2022).

Namun demikian, Pasma tidak merinci sekolah di kecamatan mana saja yang dinilai kerap terlibat aksi tawuran. Hanya saja salah satu yang terindikasi kerap melakukan aksi tawuran yakni sekolah Bhara Trikora.

Menurut Pasma, banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya tawuran antara lain penggunaan media sosial yang tidak terpantau sehingga kerap dipakai siswa untuk saling ejek hingga berujung tawuran.

Maka dari itu, Pasma mengingatkan pada siswa SMA Bhara Trikora agar menggunakan media sosial dengan bijak.

Dia juga berharap para siswa tidak mudah terpancing emosi. Siswa diharapkan mengalihkan emosi dan semangatnya ke kegiatan yang lebih bermanfaat dan aman.

Dengan demikian, setiap siswa akan memiliki visi dan misi yang jelas ke depan sehingga hanya terfokus untuk mengejar cita-cita. "Masa depan anak yang bisa menentukan hanya anak itu sendiri. Mari kita belajar dengan sungguh-sungguh dan buat bangga orang tua kita dengan capaian prestasi yang bisa kita raih," ujar dia.

Pasma memastikan program pencegahan tawuran akan terus bergulir di seluruh polsek demi menekan angka kasus tawuran di wilayah Jakarta Barat.

Sebelumnya, kegiatan untuk mencegah tawuran sudah dilakukan polsek di beberapa wilayah. Salah satunya kegiatan Polsek Metro Taman Sari yang melakukan pengawasan untuk memastikan siswa sampai ke rumah masing-masing saat pulang sekolah pada Selasa (18/10).

Seluruh Bhabinkamtibmas setiap hari waktu jam pulang sekolah mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan edukasi tentang tawuran pelajar sekaligus memantau para pelajar untuk langsung pulang ke rumah.

"Tidak bergerombol agar terhindar dari benturan dengan pelajar lainnya," ucap Kapolsek Taman Sari AKBP Rohman Yonky Dilatha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement