Tiga Kepala Daerah Bicara Kepemudaan pada Forum Y20 di Solo

Red: Muhammad Fakhruddin

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati Djojohadikusumo berpidato pada pembukaan Gaung Muda Youth 20 atau Y20 Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022). Acara yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda tersebut dihadiri oleh perwakilan pemuda dari berbagai daerah Indonesia.
Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati Djojohadikusumo berpidato pada pembukaan Gaung Muda Youth 20 atau Y20 Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022). Acara yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda tersebut dihadiri oleh perwakilan pemuda dari berbagai daerah Indonesia. | Foto: ANTARA/Maulana Surya

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Tiga kepala daerah, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming berbicara tentang kepemudaan pada Forum Y20 di Solo.

Ganjar pada acara yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran Solo, Jumat mengatakan setiap tokoh pasti ada masanya dan setiap masa pasti ada tokohnya.

"Para pemuda zaman dulu dengan zaman sekarang sebenarnya sama, hanya tantangannya saja yang berbeda-beda," katanya.

Ia mengatakan Indonesia terbentuk atas asas konsensus pendiri bangsa dan sepakat untuk menyelesaikan apapun persoalan bangsa.

Baca Juga

"Data sains sekarang jadi suatu hal penting untuk solusi dari semua persoalan. Ini tantangan kita di depan mata. Tinggal kita memilih, mau jadi generalis atau spesialis untuk menghadapi tantangan itu," katanya.

Senada, Ridwan Kamil mengatakan hari ini bertepatan dengan tanggal 28 Oktober yang merupakan Hari Sumpah Pemuda.

"Bedanya dulu tantangannya kebebasan, kita dalam situasi nggak bisa ngapa-ngapain. Hari ini 'top of mind' pemuda adalah kesempatan," katanya.

Ia mengatakan banyak pilihan yang ada di depan mata, apakah ingin jadi pelaku ekonomi yang sukses atau ingin jadi tokoh kepemimpinan pemuda yang luar biasa.

"Di masa depan kalau kesempatan sudah merata, adil, dan makmur maka mungkin 'top of mind' pemuda di masa mendatang adalah tentang kejayaan kaitannya dengan Indonesia menjadi negara adidaya," katanya.

Untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa, dikatakannya, cukup dengan menjadi manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya.

"Bisa memberi kontribusinya dengan harta kalau dia memang di usia muda sudah luar biasa dan memberi kontribusi tentang lain-lainlah ya. Mudah-mudahan faktor itulah yang membersamai menuju tahun masa 2045," katanya.

Sementara itu, Gibran mengatakan anak muda harus diberikan banyak kesempatan untuk berekspresi dan memperlihatkan kemampuannya.

"Waktu saya jadi Ketua Inaspoc ada yang bilang saya karbitan, tapi ternyata Solo sukses jadi tuan rumah. Pada saat itu penularan COVID-19 tinggi namun tidak ada klaster, tidak ada komplain dari negara peserta. Intinya anak muda pasti diremehkan, tapi harus dibuktikan dengan capaian. Harus gaspol," katanya.

Ia mengatakan anak-anak muda harus diberi banyak kesempatan oleh para pemimpin daerah.

"Yang jelas anak-anak muda idenya liar, biasanya belum terbukti. Makanya harus dikasih kesempatan. Harapannya ini disambut dengan baik oleh para pemimpin. Diperlukan ruang kolaborasi, pintu untuk 'funding', di sisi lain regulasi dijaga juga oleh pemerintah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Bima Arya: Mas Ganjar Siap Nggak Berpasangan dengan Kang Emil?

Perbanyak Ruang Bertemu dan Berdialog Anak untuk Ajarkan Toleransi dan Persatuan

Soal Wacana Jadi Cawapres, Emil: Saya Siap di Mana Saja Allah Takdirkan

Bertepatan Sumpah Pemuda, Rudy Rayakan Ulang Tahun Ganjar Pranowo

Uu tak Mau Melawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark