Sabtu 29 Oct 2022 15:57 WIB

Ramaikan Fintech Lending Days di Jogja, Kredito Dorong Edukasi untuk UMKM

Kegiatan dilaksanakan dengan menggandeng OJK.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar acara Fintech Lending Days Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (27/10/2022).
Foto: Dok. Web
Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar acara Fintech Lending Days Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (27/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA ---  Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar acara Fintech Lending Days Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (27/10/2022). Acara ini merupakan ajang untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pada seluruh masyarakat, khususnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) mengenai layanan pendanaan yang dilakukan oleh para perusahaan Fintech Pendanaan Bersama di Indonesia. 

Fintech Lending berizin dan diawasi OJK, ​Kredito (PT Fintek Digital Indonesia) ikut berpartisipasi meramaikan gelaran Fintech Lending Days Yogyakarta yang mengangkat tema “Pemanfaatan Pendanaan Alternatif UMKM Yogyakarta Melalui Fintech Pendanaan Bersama” diadakan di Hotel Alana Hotel & Convention Centre, Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua hari mulai dari tanggal 25-26 Oktober 2022 dengan agenda Speed Dating, UMKM Visit dan UMKM Exhibition & Talk Show. 

Baca Juga

”Sebagai langkah nyata, Kami ikut mendukung pertumbuhan Fintech Pendanaan Bersama di kota Yogyakarta ini dan dapat turut mendukung acara Fintech Lending Days untuk meningkatkan edukasi dan literasi keuangan masyarakat khususnya pengetahuan terkait keuangan digital guna mendorong percepatan inklusi keuangan dengan kolaborasi dukungan penuh dari sektor swasta dan pemerintah”, ujar Daniel Soelistyo selaku Direktur Kredito.

Sampai dengan 30 September 2022, Kredito sudah menyalurkan pinjaman dengan total sebesar Rp 3,5 triliun kepada 547.437 peminjam dengan total lebih dari 6 juta mobile app downloader.

Total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending (P2PL) atau fintech lending yang berizin dan diawasi OJK adalah sebanyak 102 penyelenggara. Kehadiran fintech di Indonesia, di satu sisi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terlebih saat kalangan underserved dan unbanked masih banyak tersebar di berbagai wilayah, termasuk bagi para pelaku UMKM. 

Berdasar data statistik OJK, industri fintech lending mencatatkan akumulasi penyaluran kredit mencapai Rp 436,12 Triliun hingga Agustus 2022 dengan total pemberi pinjaman sebanyak 945 ribu entitas dan peminjam sebanyak 88,21 juta entitas.

Program Fintech Lending Days Yogyakarta yang mengusung konsep hybrid dengan menghadirkan peserta secara offline maupun online (via Zoom) memberikan literasi keuangan secara masif dan lebih dekat.

Acara Fintech Lending Days Yogyakarta ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara para pelaku usaha mikro atau wirausahawan dengan penyelenggara fintech lending untuk dapat saling memberikan dampak positif dan pengembangan bisnis bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement