Senin 31 Oct 2022 05:02 WIB

Ayudya bing Slamet hingga Usmar Ismail Raih Penghargaan dari DJKI Kemenkumham

Pemberian penghargaan bertujuan untuk mengapresiasi para pegiat seni

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda
Suasana Festival Karya Cipta Anak Negeri yang diadakan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Werdhi Budaya Art Center pada Ahad (30/10).
Foto: DJKI
Suasana Festival Karya Cipta Anak Negeri yang diadakan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Werdhi Budaya Art Center pada Ahad (30/10).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pegiat seni dalam puncak Festival Karya Cipta Anak Negeri DJKI pada Ahad (30/10/2022) malam. Para seniman itu berasal dari berbagai bidang seperti seni musik, buku, film, sastra, dan seni tari di Indonesia. 

Penghargaan secara khusus diberikan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham atas kontribusi dan partisipasi para seniman dalam memajukan industri seni di Indonesia.

Adapun para penerima penghargaan tersebut, yaitu M.Aan Mansyur di bidang sastra, Ni Ketut Arini di bidang seni, Faza Ibnu Ubaidillah di bidang komik dan animasi, I Wayan Winten di bidang seni rupa.

"Untuk pematung kita kaget, kita lewati patung yang dibuat sekarang baru tahu ini pemahatnya, senang sekali ketemu di Bali," kata Yasonna dalam sambutannya. 

Kemudian, Affandi Koesoema di bidang seni lukis, Ayudia Chaerani dan Muhammad Pradana Budiarto di bidang seni musik dan buku, Sundari Soekotjo di bidang musik, serta Usmar Ismail di bidang film.

"Affandi pelukis terkenal disukai Bung Karno dan nilainya sangat mahal, suatu karya seni yang besar. Tentu kalau Usmar Ismail kita sudah tidak asing karyanya untuk kita semua," ujar Yasonna. 

Yasonna menyatakan pemberian penghargaan bertujuan untuk mengapresiasi para pegiat seni yang telah menghasilkan karya-karya intelektual yang telah banyak menginspirasi masyarakat. 

"Ini menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia," ucap Yasonna. 

Diketahui, Pelaksanaan Festival Karya Cipta Anak Negeri merupakan gelaran pesta seni yang diadakan pada 29-30 Oktober 2022 di Werdhi Budaya Art Center, Bali.

Selain pemberian penghargaan, terdapat juga berbagai pertunjukan seni lainnya, seperti fashion show, talkshow fotografi, pemutaran dan diskusi film, penampilan Tari Kecak Uluwatu, dan storytelling. Tak hanya itu, akan ada penampilan musik dari band lokal ternama Indonesia, antara lain Ahmad Albar dan Ian Antono, Shaggy Dog, Balawan, serta The Namex. 

Dalam pelaksanaan kegiatan Festival Karya Cipta Anak Negeri, DJKI bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطٰنُ اَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَاِنِّيْ جَارٌ لَّكُمْۚ فَلَمَّا تَرَاۤءَتِ الْفِئَتٰنِ نَكَصَ عَلٰى عَقِبَيْهِ وَقَالَ اِنِّيْ بَرِيْۤءٌ مِّنْكُمْ اِنِّيْٓ اَرٰى مَا لَا تَرَوْنَ اِنِّيْٓ اَخَافُ اللّٰهَ ۗوَاللّٰهُ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan (ingatlah) ketika setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan (dosa) mereka dan mengatakan, “Tidak ada (orang) yang dapat mengalahkan kamu pada hari ini, dan sungguh, aku adalah penolongmu.” Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan balik ke belakang seraya berkata, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu; aku dapat melihat apa yang kamu tidak dapat melihat; sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Allah sangat keras siksa-Nya.

(QS. Al-Anfal ayat 48)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement