Senin 31 Oct 2022 19:24 WIB

MU Kini Dicap Calon Kuat Juara Liga Primer Inggris, Apa Komentar Erik ten Hag?

Pujian dilemparkan oleh Josep Guardiola.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Cristiano Ronaldo dari Manchester United memberi isyarat selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan West Ham United di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Senin (31/10/2022).
Foto: AP/Jon Super
Cristiano Ronaldo dari Manchester United memberi isyarat selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan West Ham United di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Senin (31/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Laju tanpa kekalahan Manchester United di delapan laga terakhir di semua ajang ternyata menjadi perhatian tersendiri Pep Guardiola. Pelatih Manchester City itu bahkan menyebut, United telah kembali dan berpeluang menjadi ancaman dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. 

Sejak dibungkam City, 3-6, di edisi perdana Derby Manchester, awal September silam, United tidak pernah lagi merasakan kekalahan. Dari delapan laga di semua ajang, Setan Merah mampu mengemas enam kemenangan dan dua hasil imbang. 

Baca Juga

Secara khusus, United juga tidak pernah absen memetik poin di pentas Liga Primer Inggris dengan torehan tiga kemenangan dan dua hasil imbang di lima laga terakhir. Kemenangan, 1-0, atas West Ham United, Ahad (30/10/2022) malam WIB, menjadi catatan penampilan terakhir United di pentas Liga Primer Inggris. 

United terbukti mampu bangkit setelah mengawali Liga Primer Inggris musim ini dengan dua kekalahan beruntun. Sempat terpuruk di dasar klasemen, United kini bertengger di peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris, terpaut satu poin dari peringkat keempat, yang ditempati oleh Newcastle United. 

Meski United terus menunjukan tren positif penampilan, Erik ten Hag tidak mau terburu-buru dalam menilai peluang Setan Merah untuk bisa bersaing secara langsung dalam perebutan titel Liga Primer Inggris. Menurut pelatih asal Belanda itu, United masih berada cukup jauh untuk bisa menjadi ancaman utama buat juara bertahan Liga Primer Inggris, Manchester City. 

''Saya rasa, terlalu cepat (menyebut United sebagai pesaing juara Liga Primer Inggris). Berkaca dari babak kedua laga kontra West Ham, kami masih harus memperbaiki performa. Kami harus bisa mengelola permainan dengan baik. Kami masih terlalu jauh untuk bisa menjadi ancaman buat mereka (Manchester City),'' kata Ten Hag seperti dilansir laman resmi klub. 

Kendati begitu, pelatih asal Belanda itu menilai, dari segi semangat dan kualtias permainan, Setan Merah sudah berada dalam trek yang tepat. 

''Semangat tim ini sudah luar biasa. Kami juga memiliki kualitas untuk mencetak gol. Meski kami harus memperbaiki sejumlah aspek, tapi kami sudah berada dalam trek yang tepat,'' ujar mantan pelatih Ajax Amsterdam itu. 

Sebelumnya, Guardiola secara terbuka mulai mewaspadai sinyal kebangkitan United. Di bawah kendali Ten Hag, tutur Guardiola, Setan Merah mulai menunjukan peningkatan performa. 

Eks pelatih Bayern Muenchen itu mendasarkan pendapatnya tersebut saat menyaksikan rekaman pertandingan United kontra Sheriff dan Chelsea. ''Saya menilai, United mulai kembali. Akhirnya, mereka bisa kembali (ke persaingan perebutan gelar juara Liga Primer Inggris). Saya telah menyaksikannya di laga kontra Sheriff dan babak pertama di laga menghadapi Chelsea. Saya tertarik dengan apa yang mereka tampilkan,'' tutur Guardiola seperti dikutip ESPN.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement