Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dini Penulis Lepas

7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Eduaksi | Monday, 31 Oct 2022, 21:56 WIB

Prospek kerja pada dasarnya memiliki banyak implikasi, salah satunya adalah mengenai berapa pendapatan yang dapat dihasilkan. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan perusahaan maupun industri dalam kebutuhan untuk menjalankan produksi sampai kebutuhan akan keahlian teknis. Seolah tidak bisa dihindari, otomatis semakin kebutuhan industri spesifik maka semakin besar pengeluaran baik untuk tenaga sampai pengupahan. Bahkan saat ini dimana lowongan pekerjaan semakin menuntut pengalaman bidang tertentu tidak heran apabila banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak hanya mencari gaji tinggi, namun juga sepadan dengan pekerjaannya.

Oleh karena itulah sebetulnya tidak ada masalah apabila anda mengambil jurusan baik di bidang sains, sosial, ekonomi sampai politik. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa semua itu sangat bergantung pada keahlian masing-masing di bidangnya. Tidak bisa dipungkiri pula bahwa hari ini disamping posisi, kebutuhan hidup menjadi penting. Walhasil ada sebagian orang atau calon mahasiswa yang terdorong untuk masuk jurusan yang dirasa mampu menghasilkan pendapatan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya subjek jurusan perguruan tinggi di Indonesia yang semakin bertumbuh.

Wajar lantas terdapat beberapa asosiasi bahwa jurusan tertentu dirasa memiliki masa depan cemerlang bagi lulusannya. Hal tersebut sebetulnya sangatlah subjektif tergantung pribadi, namun ada akalanya kita membutuhkan gambaran seperti apa jurusan yang menjanjikan gaji tinggi misalnya. Meski subjektif, namun cukup untuk menjadi rekomendasi anda apabila anda tertarik untuk mendalami ilmu tertentu supaya anda memiliki pendapatan yang juga menguntungkan.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Jurusan kuliah memang tidak menawarkan gaji tinggi untuk lulusannya, namun jurusan kuliah dapat mewakili representasi pekerjaan yang nantinya akan diambil. Dari hal itulah kita bisa memperkirakan beberapa kisaran gaji yang dapat diambil oleh lulusan jurusan tertentu, meski tidak bisa digeneralisir. Berikut beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi:

1. Teknik Biomedis

Jurusan kuliah yang satu ini sebetulnya menawarkan pekerjaan yang saat ini banyak dibutuhkan baik di utamanya di bidang medis maupun kesehatan. Terlebih sekarang keperluan tenaga medis dengan kualifikasi seperti paham dan mengerti alat medis elektronik menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki jurusan satu ini. Kenyataannya jurusan ini tidak sepopuler kedokteran, namun lulusannya banyak dicari dunia medis. Konsekuensinya, gaji yang diterima setara dengan pendidikan kedokteran dan bisa lebih.

Hal ini dikarenakan secara teknis jika anda lulusan jurusan ini maka anda bisa bekerja di rumah sakit, laboratorium maupun fasilitas kesehatan lainnya. Jika anda tertarik untuk bekerja di dunia medis dan kesehatan, maka jurusan satu ini layak dipertimbangkan. Terlebih jurusan ini menawarkan banyak kemampuan yang di satu sisi dekat dengan dunia kedokteran.

Kisaran pendapatan: Rp 4.000.000,- s/d 10.000.000,- (Tergantung jenis pekerjaan dan pengalaman serta dapat lebih tinggi).

2. Teknik Komputer

Perkembangan teknologi kekinian membuat jurusan teknik komputer menjadi salah satu jurusan favorit dan semakin dibutuhkan. Mulai dari perkantoran sampai industri besar membutuhkan lulusan teknik komputer untuk menunjang kerja dan produksi. Ranahnya pun hampir menyentuh semua bidang, meskipun banyak lulusan teknik komputer cenderung bekerja di dunia digital, programmer, teknologi dan komputasi sistem. Hal inilah yang membuat bidang kerja lulusan teknik komputer banyak dan dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Tidak hanya itu, lulusan teknik komputer saat ini juga banyak yang terjun ke dunia startup aplikasi dimana bidang ini juga banyak menyerap banyak pendapatan. Sementara secara berturut-turut industri baik dunia digital maupun multi segmen juga banyak memberi gaji tinggi bagi lulusan teknik komputer. Jurusan ini patut dipertimbangkan bagi anda yang tertarik di dunia komputasi.

Kisaran pendapatan: Rp 5.000.000,- s/d Rp 8.000.000,- (Tergantung jenis pekerjaan dan pengalaman serta dapat lebih tinggi).

3. Teknik Industri

Jurusan ini sudah jelas menawarkan pekerjaan yang dari segi namanya seolah sudah terjamin dimana anda akan bekerja. Kenyataannya memang seperti itu, lulusan teknik industri sendiri banyak terjun ke area industri dan sifatnya multi segmen. Salah satu hal yang menguntungkan bagi lulusan teknik industri adalah bidang kerja yang banyak, tidak monoton dan dapat menyesuaikan dengan keinginan industri itu sendiri.

Hulu sampai hilir industri semuanya bisa dimasuki oleh lulusan teknik industri. Hal ini dikarenakan lulusan teknik industri dibekali kemampuan teknik yang berorientasi pada operasional produksi, quality control industri, manajemen, teknik produksi sampai perencanaan industri. Itulah mengapa hulu dan hilir industri hampir semua bisa dimasuki oleh lulusan teknik industri. Hal tersebut belum termasuk penguasaan material dan penelitian yang banyak berorientasi pada statistik yang membuat lulusannya lebih leluasa dalam mencari pekerjaan. Sangat cocok bagi anda yang ingin menggeluti bidang industri.

Kisaran pendapatan: Rp 4.000.000,- s/d Rp 9.000.000,- (Tergantung jenis pekerjaan dan pengalaman serta dapat lebih tinggi).

4. Teknik Telekomunikasi

Sama dengan jurusan berbasis keilmuan teknik lainnya, jurusan ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi utamanya di bidang telekomunikasi dan jaringan. Hal ini juga ditambah dengan banyaknya investasi di bidang tersebut yang membuat banyak ragam variasi pekerjaan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan teknik telekomunikasi. Itu belum termasuk lapangan kerja di bidang IT dan perusahaan yang bergerak pada sekuritas data, semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Hal ini membuat kebutuhan akan lulusan teknik telekomunikasi menjadi dibutuhkan saat ini baik oleh provider telekomunikasi maupun perusahaan yang mengandalkan koneksi jaringan. Selain itu banyak perusahaan mulai melirik lulusan jurusan ini dikarenakan keahlian dan pengetahuan mengenai kekompleksitasan keamanan jaringan dan data. Profesi yang ditawarkan biasanya berkisar pada ahli terlatih, teknisi dan administrator jaringan dan informasi.

Kisaran pendapatan: Rp 3.000.000,- s/d Rp 9.000.000,- (Tergantung jenis pekerjaan dan pengalaman serta dapat lebih tinggi).

5. Akuntansi

Jika anda tertarik bekerja pada bidang keuangan, bisnis atau bahkan wirausaha maka jurusan satu ini adalah pilihan tepat. Pasalnya jurusan ini memungkinkan anda memainkan peran di berbagai profesi keuangan seperti akuntan, manajemen keuangan, audit sampai pelaporan bisnis. Selain itu lulusan akuntansi belakangan ini juga memainkan peran di bidang tata niaga dan menangani berbagai sektor bisnis dan perbankan.

Tidak heran jika jurusan in adalah salah satu yang diincar oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di banyak sektor bisnis. Memang kesempatan besar jurusan ini bersaing dengan jurusan lain seperti ekonomi, namun pada dasarnya keilmuan akuntansi dinilai spesifik pada penghitungan. Hal ini membawa dampak salah satunya keahlian di bidang yang sudah terkonsentrasi dan banyak peluang.

Kisaran pendapatan: Rp 3.000.000,- s/d Rp 9.000.000,- (Tergantung jenis pekerjaan dan pengalaman serta dapat lebih tinggi).

6. Administrasi Bisnis

Jurusan yang mengedepankan tata kelola niaga ini bisa dijadikan salah satu pilihan tepat jika anda tertarik terjun ke dunia ekonomi dan bisnis. Pasalnya jurusan ini memungkinkan anda untuk mencari pekerjaan lintas sektor termasuk diantaranya perindustrian, pemrosesan dan pengelolaan data di bidang bisnis sampai menjalankan bisnis. Tentunya hal ini bisa dipertimbangkan utamanya jika anda menginginkan jenjang karir kedepannya.

Banyak perusahaan baik yang memiliki bisnis kecil sampai besar membutuhkan lulusan jurusan ini, utamanya dikarenakan proses perizinan, tata niaga sampai tingkat produksinya. Semua itu kenyataannya membutuhkan seseorang yang ahli utamanya dalam perizinan bisnis yang banyak syaratnya. Lulusan jurusan administrasi bisnis pada dasarnya dilatih untuk menangani hal tersebut, sehingga memungkinkan bagi lulusannya untuk mengelola dokumen perusahaan.

Kisaran pendapatan: Rp 3.000.000,- s/d Rp 8.000.000,- (Tergantung jenis pekerjaan dan pengalaman serta dapat lebih tinggi).

7. Teknik Elektro

Perkembangan dunia industri dan pertambangan tampaknya telah berpengaruh banyak pada segala jenis keilmuan teknik. Tidak mengherankan apabila jurusan teknik banyak dicari mahasiswa selain karena menyediakan banyak pekerjaan juga disebabkan karena keilmuan teknik selalu update dengan teknologinya. Itulah mengapa jurusan teknik elektro juga masuk dalam kategori ini dikarenakan banyak industri dan perusahaan yang bergerak di bidang energi, pertambangan sampai manufaktur membutuhkan lulusan jurusan ini.

Variasi prospek kerjanya pun bermacam-macam sesuai dengan apa yang nantinya dibutuhkan oleh industri atau perusahaan. Namun biasanya pekerjaan bagi lulusan teknik elektro berkisar pada kontrol kelistrikan, teknisi, analis sistem dan pemrograman. Fleksibilitas pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh lulusan teknik elektro membuat ragam gaji yang ditawarkan juga bermacam-macam bergantung jenis pekerjaan dan spesifikasi lainnya yang dibutuhkan.

Kisaran pendapatan: Rp 5.000.000,- s/d Rp 10.000.000,- (Tergantung jenis pekerjaan dan pengalaman serta dapat lebih tinggi).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image