Rabu 02 Nov 2022 16:44 WIB

Barcelona Tersingkir dari Liga Champions, Lewandowski: Kami Masih Tahap Rekonstruksi

Barca membutuhkan waktu untuk bisa kembali bersaing di kompetisi kasta tertinggi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Barcelona, Robert Lewandowski.
Foto: EPA-EFE/Biel Alino
Striker Barcelona, Robert Lewandowski.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Penyerang Barcelona, Robert Lewandowski, sepertinya masih memendam kekecewaan pascagagal membawa Blaugrana lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Barcelona, ujar Lewandowski, masih membutuhkan waktu untuk bisa kembali bersaing di kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut.

Blaugrana sudah dipastikan gagal melangkah ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Tinggal menyisakan satu partai lagi di babak penyisihan Grup C, Blaugrana sudah tertinggal enam poin dari Inter Milan, yang berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup C.

Baca Juga

Padahal, setelah kegagalan meraih trofi bergengsi pada musim lalu, Blaugrana diharapkan bisa bersaing di semua kompetisi, termasuk Liga Champions, pada musim ini. Terlebih, manajemen klub sudah mendatangkan sejumlah pemain bintang, tidak terkecuali Lewandowski, demi bisa mencapai target tersebut.

Lewandowski pun menyesalkan kegagalan Blaugrana melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Blaugrana, ujar penyerang berusia 34 tahun itu, sepertinya terlalu terobsesi dengan gaya permainan tertentu, ketimbang fokus untuk menemukan cara terbaik meraih kemenangan.

Kendati begitu, eks penyerang Bayern Muenchen itu menegaskan, kegagalan ini merupakan bagian dari proses pembangunan kembali Blaugrana setelah berbagai kekecewaan pada musim lalu. Lewandowski mengaku sudah memperkirakan tantangan besar yang dihadapinya dalam musim debut bersama Blaugrana.

''Kegagalan ini membuat kami kian kuat. Sebelum datang ke klub ini, saya sadar akan melakoni musim debut yang berat. Kami tengah berada dalam proses rekonstruksi dan hal itu memakan waktu. Kami harus sabar untuk bisa kembali menjadi yang terbaik,'' kata Lewandowski seperti dikutip Marca, Selasa (1/11/2022).

Mantan penyerang Borussia Dortmund itu pun tidak menyesal memilih hengkang dari Bayern Muenchen pada awal musim ini dan merapat ke Blaugrana. Pada bursa transfer awal musim ini, rumor kepindahan Lewandowski itu memang menjadi salah satu sorotan utama.

Terlebih, usai Lewandowski mengungkapkan secara terbuka keinginan hengkang dari Muenchen meski masih memiliki sisa kontrak selama setahun. Die Bayern akhirnya sepakat melepas Lewandowski ke Blaugrana.

Namun, pada musim ini, Die Bayern justru terbukti mampu tampil lebih baik dibanding Blaugrana. Muenchen pun mampu membungkam Barcelona dalam dua kesempatan duel di penyisihan Grup C dan akhirnya lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup.

''Saya sudah berada di klub impian saya. Saat Anda merasa senang dan nyaman, maka semuanya akan lebih mudah,'' kata Lewandowski, yang telah mengemas 18 gol dari 17 penampilan di semua ajang pada awal musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement