Jumat 04 Nov 2022 09:51 WIB

Presiden Turki: Kesepakatan Gandum akan Diprioritaskan untuk Negara Afrika yang Butuh

Erdogan menyoroti pentingnya kesepakatan biji-bijian untuk negara-negara di Afrika

Red: Esthi Maharani
Kesepakatan ekspor biji-bijian di Laut Hitam yang ditengahi Turki akan memprioritaskan negara-negara Afrika yang membutuhkan,
Kesepakatan ekspor biji-bijian di Laut Hitam yang ditengahi Turki akan memprioritaskan negara-negara Afrika yang membutuhkan,

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Kesepakatan ekspor biji-bijian di Laut Hitam yang ditengahi Turki akan memprioritaskan negara-negara Afrika yang membutuhkan, seperti yang disepakati bersama Presiden Rusia Vladimir Putin, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (2/11/2022).

“Situasi di Djibouti, Somalia dan Sudan sama sekali tidak baik. Jika ada masalah di negara kurang berkembang lainnya, kami akan melakukan pengiriman ke negara-negara ini,” kata Erdogan dalam wawancara langsung yang disiarkan bersama oleh stasiun ATV, A Haber, A News dan A Para.

Baca Juga

Pendekatan pemimpin Rusia dan Ukraina terhadap Turki "positif" terkait masalah ekspor biji-bijian, kata Erdogan, sambil menambahkan: "Kami menjawabnya secara positif."

Pada 22 Juli, Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani perjanjian di Istanbul untuk melanjutkan ekspor gandum Ukraina melalui koridor Laut Hitam, yang dihentikan sementara setelah perang Rusia-Ukraina dimulai pada Februari.

Pada Sabtu, Rusia mengumumkan bahwa mereka akan menangguhkan partisipasinya dalam kesepakatan atas apa yang mereka duga sebagai serangan Ukraina terhadap armada Rusia di Laut Hitam di pelabuhan Sevastopol.

Sebelumnya pada Rabu, Turki dan Rusia mengumumkan Moskow kembali menerapkan Inisiatif Gandum di Laut Hitam setelah mediasi yang dilakukan Turki dan PBB.

Pembangkit listrik tenaga nuklir ketiga

Erdogan juga mengatakan bahwa Ankara dan Moskow sedang mengerjakan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir ketiga, tanpa menyebutkan lokasinya.

Perjanjian antar pemerintah ditandatangani antara Turki dan Rusia pada Mei 2010 untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Akkuyu, yang akan memiliki empat reaktor daya tipe VVER-1200 dengan total kapasitas terpasang 4.800 megawatt.

Bulan lalu, perusahaan nuklir negara Rusia Rosatom memulai negosiasi dengan Turki untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di kota Sinop, Turki, di daerah Laut Hitam. Pembangkit listrik tenaga nuklir Sinop akan menjadi proyek nuklir kedua negara itu setelah pembangkit listrik tenaga nuklir pertama negara itu, proyek Akkuyu yang sedang dibangun.

Presiden Turki juga mengatakan bahwa Libya tertarik untuk melakukan pekerjaan seismik bersama Turki di Laut Mediterania.

“Dengan kapal pengeboran kami, kami memiliki kesempatan untuk mengebor di berbagai negara seperti yang kami lakukan di Laut Hitam dan Laut Mediterania, mengekstraksi gas alam dan menjualnya ke negara ketiga,” tambah Erdogan.

Menyoroti ada permintaan tentang ini dari berbagai negara, dia mengatakan: “Misalnya, Libya mengatakan bahwa kita dapat terlibat dalam proyek seperti itu dalam hal ini.”

Dengan 110 miliar meter kubik gas alam lainnya, jumlah total cadangan gas yang ditemukan di Laut Hitam telah mencapai 650 miliar meter kubik, kata Erdogan.

Mobil listrik produksi dalam negeri pertama Turki

Erdogan mengatakan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev ingin membeli dua Togg, mobil listrik pertama yang diproduksi di dalam negeri Turki.

Menandai peringatan 99 tahun Hari Republik Turki pada 29 Oktober, presiden Turki menghadiri upacara pembukaan Pabrik Togg Gemlik di provinsi barat laut Bursa, di mana mobil itu akan diproduksi secara massal.

Togg akan mulai beroperasi pada kuartal pertama 2023, kata Erdogan, menambahkan ketika Kampus Togg Gemlik mencapai kapasitas penuh, 175.000 kendaraan akan diproduksi setiap tahun dan 4.300 orang akan dipekerjakan langsung dan 20.000 tidak langsung.

Pada Juni 2018, lima raksasa industri - Grup Anadolu, BMC, Grup Kok, Turkcell dan Zorlu Holding - serta organisasi payung, Persatuan Kamar dan Pertukaran Komoditas Turki, bergandengan tangan untuk membuat Togg.

Industri Pertahanan

Presiden Erdogan mengatakan bahwa uji tembak rudal balistik Tayfun (Typhoon) Turki, yang “membuat Yunani gila”, menunjukkan kemajuan industri pertahanan negaranya.

Produksi rudal terbaru seperti "Cenk" dan "Gezgin" akan segera diumumkan, kata dia, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Menyinggung kebijakan Yunani baru-baru ini terhadap Turki, Erdogan menggarisbawahi bahwa ini “tidak dapat diterima” dan “Ankara tidak bisa tinggal diam.”

Yunani perlu “menyadari dan memahami bahwa provokasi tidak akan membawa mereka kemana-mana,” ujar dia.

Selama nilai-nilai dihormati, tidak hanya Turki dan Israel tetapi seluruh wilayah akan mendapat manfaat dengan diplomasi yang saling menguntungkan, kata Erdogan tentang normalisasi dengan Israel.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement