Jumat 04 Nov 2022 19:19 WIB

Ilmuwan Temukan Bahan Baterai Baru, Bisa Gantikan Lithium Ion

Desain baterai baru ini bisa digunakan pada suhu rendah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Baterai Lithium Ion. ILustrasi
Foto: Techradar
Baterai Lithium Ion. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim peneliti di Rusia mengembangkan baterai baru yang menawarkan kepadatan energi yang mengesankan. Baterai ini mungkin juga tahan terhadap suhu rendah.

Dilansir dari New Atlas, Rabu (3/8/2022), baterai sodium-ion mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang lebih berkelanjutan untuk lithium-ion. Hal ini lantaran kelimpahannya yang lebih banyak dan biaya pembuatan yang rendah. Baterai ini bekerja seperti perangkat lithium-ion yakni memantulkan ion di antara sepasang elektroda melalui elektrolit cair.

Baca Juga

Penelitian baru, dari para ilmuwan di Skoltech dan Lomonosov Moscow State University, berfokus pada elektroda negatif atau katoda. Tim telah mengembangkan bahan katoda baru, dan menjanjikan keuntungan signifikan dalam kepadatan energi.

Baterai itu terdiri dari bubuk yang terbuat dari sodium-vanadium fosfat fluorida. Tim mengerahkan bahan katoda baru mereka dalam baterai sodium-ion konfigurasi sel koin dan mengujinya.

Mereka menemukan bahwa bahan itu menawarkan peningkatan kepadatan energi hingga 15 persen dibandingkan dengan desain terkemuka saat ini. Bahan baru ini juga membolehkan  baterai sodium-ion berfungsi di iklim yang lebih dingin, menurut para peneliti.

“Kapasitas penyimpanan energi yang lebih tinggi hanyalah salah satu keuntungan dari bahan ini,” kata Fedotov. 

Ini juga memungkinkan katoda beroperasi pada suhu sekitar yang lebih rendah, yang sangat relevan untuk Rusia. Para ilmuwan mengatakan ada kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut tentang bahan ini, tetapi dengan penelitian lebih lanjut mereka melihat baterai ini digunakan dalam kendaraan listrik berat seperti bus dan truk. Penyimpanan energi dari sumber terbarukan seperti angin dan matahari adalah kemungkinan lain. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَآ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَآ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْۚ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْۖ وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya.”

(QS. Al-Baqarah ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement