Sabtu 05 Nov 2022 14:50 WIB

5 Cara Efektif Mencegah Kenaikan Berat Badan

Makanan yang dikonsumsi sangat memengaruhi berat badan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Olahraga di rumah (ilustrasi). Makanan yang Anda konsumsi dan olahraga salah satu hal yang dapat mempengaruhi berat badan.
Foto: www.freepik.com.
Olahraga di rumah (ilustrasi). Makanan yang Anda konsumsi dan olahraga salah satu hal yang dapat mempengaruhi berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Saat pandemi Covid-19 banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan karena berdiam diri di rumah. Apakah Anda juga?

Dilansir dari news 18, makanan yang Anda konsumsi dan olahraga salah satu hal yang dapat mempengaruhi berat badan. Terdapat cara yang dapat membantu Anda mengontrol kenaikan berat badan Anda.

Baca Juga

Berikut lima cara efektif yang membantu untuk menghindari kenaikan berat badan:

Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara paling efektif bagi orang-orang dari segala usia untuk mempertahankan tingkat kebugaran mereka. Olahraga akan membantu membangun otot tanpa lemak, meningkatkan kepadatan tulang dan membakar lemak.

Makan Serat

Serat, seperti protein, membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung tidak ingin mengemil segera setelah makan besar. Serat juga biasa ditemukan dalam makanan yang secara alami lebih rendah kalori, seperti buah-buahan dan sayuran. Sayur dan buah menjadi nutrisi yang bagus untuk difokuskan untuk mempertahankan berat badan Anda.

Pertimbangkan Puasa Intermiten

Puasa intermiten mempersempit jendela makan menjadi sekitar 8 atau 9 jam per hari. Artinya, Anda hanya minum air, kopi atau teh selama 16 jam tersisa. Puasa dapat membantu meningkatkan kadar gula darah yang sehat, meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak dan mengendalikan nafsu makan Anda.

Periksa Asupan Gula

Makanan dan minuman tinggi gula biasanya tinggi kalori dan lemak mengakibatkan penambahan berat badan. 

Tidur

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa tidur membantu menurunkan berat badan. Siklus tidur yang teratur membantu merilekskan tubuh Anda dan juga membantu mengurangi keinginan makan Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement