Senin 07 Nov 2022 07:34 WIB

Kasus Harian Covid-19 Jatim Alami Lonjakan

Khofifah minta masyarakat kembali memperketat prokes dan mendorong vaksin booster.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Dokumen
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat kembali memperketat penerapan protokol kesehatan dan mendorong percepatan vaksin booster untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 subvarian Omicron XBB. Apalagi dalam beberapa hari terakhir, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Jawa Timur mengalami lonjakan.

Lonjakan kasus harian Covid-19 di Jawa Timur terjadi sejak 1 November 2022. Tambahan kasus harian yang biasanya di angka puluhan saat itu mencapai 595 kasus.

Baca Juga

Keesokan harinya bertambah 580 kasus, dan kembali naik menjadi 681 kasus pada 4 November 2022. Kemudian yang tertinggi tercatat pada 5 dan 6 November 2022 dengan masing-masing tambahan 685 dan 669 kasus per hari.

“Kenaikan kasus baik di Jatim maupun secara nasional, patut menjadi warning kita bersama agar lebih waspada. Perkuat kembali Prokes dan percepat vaksinasi adalah kuncinya,” kata Khofifah, Senin (7/11).

Meskipun Kemenkes menyatakan Covid-19 subvarian Omicron XBB tidak menimbulkan gejala berat, Khofifah tetap meminta semua masyarakat waspada sekaligus tidak panik. Artinya kata dia, yang bekerja tetap bekerja, dan pelajar tetap belajar dengan menjaga protokol kesehatan.

"Perekonomian dan aktivitas masyarakat sudah berangsur normal, kondisi ini yang harus terus dijaga. Saya imbau semua yang bekerja, belajar, maupun aktivitas sosial keagamaan, budaya, dan sebagainya, tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang terjaga," ujarnya.

Khofifah mengingatkan masyarakat untuk kembali memperketat penggunaan masker baik di dalam maupun luar ruangan. Ia juga berharap setiap petugas keamanan di tempat-tempat umum kembali menghimbau dan mengingatkan masyarakat agar memakai masker. Hal ini untuk menjaga kebaikan dan keamanan bersama.

Khofifah juga mendoro percepatan vaksin booster melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, TNI, Polri, dan swasta. Apalagi, kata dia, saat ini ketersediaan vaksin sudah kembali melimpah.

Bagi masyarakat, ia meminta, segera melengkapi vaksinasi Covid-19 ke tempat layanan kesehatan. "Stok vaksin yang minggu lalu sempat kehabisan kini sudah mulai kembali terisi," kata Khofifah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement