Senin 07 Nov 2022 13:40 WIB

Kantor Bappelitbang di Kawasan Balai Kota Bandung Terbakar

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki dikerahkan.

Rep: M Fauzi Ridwan/Dea Alvi Soraya/ Red: Friska Yolandha
Petugas kebakaran berusaha memadamkan api saat kebakaran melanda Gedung Bappelitbang, Balai Kota Bandung, senin (7/11/2022). Saat ini penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Petugas kebakaran berusaha memadamkan api saat kebakaran melanda Gedung Bappelitbang, Balai Kota Bandung, senin (7/11/2022). Saat ini penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) di kawasan Balai Kota Bandung, Jalan Aceh kebakaran, Senin (7/11/2022). Asap mengepul di kawasan gedung perkantoran Balai Kota Bandung tersebut.

Petugas pemadam kebakaran sudah berada di lokasi untuk melakukan pemadaman. Akses jalan di sekitar kantor Bappelitbang terlebih dahulu ditutup sementara untuk kendaraan.

Baca Juga

"Kantor Bappelitbang kebakaran," ujar salah seorang warga Atep Burhanudin, Senin (7/11/2022).

Ia mengungkapkan petugas sudah berada di lokasi untuk melakukan pemadaman. Sedangkan sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berupaya untuk mengamankan sejumlah dokumen.

Sebelumnya, sejumlah kebakaran sempat melanda wilayah Kota Bandung. Terakhir kebakaran hebat terjadi di Gudang Triplek di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan lima mobil tangki air berukuran 5.000 liter dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Gedung Bappelitbang. Kebakaran terjadi sejak pukul 10.30 WIB.

Tim pemadam dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) pun datang dan mulai melakukan pemadaman sejak pukul 10.50 WIB. Sedangkan para pegawai yang berdinas di Balai Kota Bandung nampak berhamburan keluar dan menyaksikan kebakaran dari sisi kanan kiri bangunan.

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A Brilyana yang saat itu tengah rapat di Balai Kota Bandung mengungkapkan, banyak dokumen yang diduga terbakar. Namun dia memastikan bahwa seluruh dokumen telah diduplikasi secara digital. Ia menambahkan, agar tugas-tugas tidak terbengkalai, semua berkas yang terselamatkan dan aktivitas sementara Bappelitbang akan dipindahkan ke Tamansari.

"Di sana kita punya bangunan bekas rumah ketua dewan. Pindah ke sana. Gedung yang terbakar ini akan langsung dibangun kira-kira empat sampai lima  bulan," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement