Program Kartu Prakerja Purbalingga Gelombang I, 100 Pengangguran Dapat Pekerjaan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam acara Roadshow Pemulihan Ekonomi di lapangan Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Senin (7/11/22).
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam acara Roadshow Pemulihan Ekonomi di lapangan Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Senin (7/11/22). | Foto: Dok. Pemkab Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Sebanyak 100 pengangguran berhasil mendapatkan pekerjaan melalui Program Kartu Prakerja Purbalingga.

Program ini merupakan program Pemulihan Ekonomi Pemkab Purbalingga berupa pemberian pelatihan hingga penempatan kerja bagi yang memilih kelas industri dan bantuan sarana serta permodalan bagi yang memilih kelas wirausahawan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Purbalingga Drs Bambang Wijonarko MSi mengungkapkan, Program Kartu Prakerja Purbalingga Gelombang I di tahun 2022 terdapat 180 peserta dan 100 peserta diantaranya memilih Kelas Industri.

"Untuk kelas industri tahun ini kami salurkan dan tempatkan di PT Victoria Beauty Industrial sebagai perusahaan lokal yang banyak membutuhkan tenaga kerja," kata Bambang dalam acara Roadshow Pemulihan Ekonomi di lapangan Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Senin (7/11/2022).

Baca Juga

Sebelumnya para peserta program Prakerja Purbalingga ini telah menjalani pelatihan keterampilan kerja sejak 31 Oktober 2022 hingga 4 November 2022 di beberapa Lembaga Pelatihan Kerja (LKP), yakni LPK Luri, Kartika Gama, Mitra Aditama, Amanah dan Perwira. Keterampilan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan industri yang bergerak di bidang produksi Rambut Palsu tersebut.

"Bagi kalian yang ingin mendaftar Kartu Prakerja Purbalingga kelas industri bisa langsung datang langsung ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan info lebih lanjut bisa menghubungi layanan informasi kami di 08112993992," katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan, bagi yang kehilangan pekerjaan saat pandemi, maka ikut program Kartu Prakerja Purbalingga menjadi salah satu solusi.

"Program ini menyalurkan untuk bagaimana orang yang tadinya tidak bekerja menjadi bisa bekerja, apakah itu wirausaha atau bekerja di pabrik-pabrik," kata Bupati.

Selain Kartu Prakerja Purbalingga, Pemkab juga memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) yang sebagai wadah mengasah keterampilan kerja. Beberapa pelatihan yang diberikan sangat dibutuhkan di dunia usaha, seperti : teknik otomotif, teknik las, TIK Operator Komputer, TIK Desain Grafis, Garment Apparel, Tata Rias dan Tata Boga. 

Terkait


Roadshow Pemulihan Ekonomi Purbalingga Hadirkan Pasar Murah

BNPB Turut Bantu Korban Bencana Tanah Longsor di Siwarak dan Tlahab Lor Purbalingga

Airlangga: Industri Minyak Sawit Beri Kontribusi Pemulihan Ekonomi

Menkeu Minta Jajarannya Sigap Kawal Pemulihan Ekonomi

Pemulihan Ekonomi, Pelaku UMKM Pacu Transformasi Digital

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark