Senin 07 Nov 2022 19:05 WIB

10 Makanan tak Sehat yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Jenis makanan tertentu hanya memiliki sedikit gizi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Mie instan (ilustrasi)
Foto: www.maxpixel.com
Mie instan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalankan diet sehat bukanlah hal yang mudah. Salah satu godaannya adalah makanan tidak sehat yang tampaknya memiliki rasa terbaik. Namun, Anda perlu menjaga konsumsi makanan ini seminimal mungkin adalah demi kepentingan terbaik Anda.

Dilansir dari healthshots pada Senin (7/11/2022), makanan ini umumnya hanya memiliki sedikit atau tidak ada nilai gizi. Makanan ini juga dapat menciptakan penumpukan racun yang berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga

Berikut adalah 10 makanan tidak sehat yang sangat berbahaya bagi kesehatan:

Gula

Gula adalah salah satu penyebab terbesar diabetes dan obesitas di seluruh dunia. Gula juga memberi banyak tekanan pada hati, pankreas dan sistem pencernaan Anda. Gula menyebabkan memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena flu, pilek, ketidakseimbangan hormon atau bahkan depresi.

Soft drink

Minuman ringan berkarbonasi adalah salah satu sumber tambahan gula dan kafein terbesar dalam makanan. Konsumsi teratur makanan ultra olahan ini dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, sindrom metabolik dan penyakit inflamasi. Anda sangat disarankan untuk mengganti minuman ini dengan alternatif yang lebih sehat seperti teh herbal dan air lemon.

Karbohidrat Olahan

Karbohidrat adalah bagian penting dari diet seimbang. Orang harus mencoba mengkonsumsi makanan utuh dan menghindari biji-bijian olahan. Karbohidrat olahan, yang biasa ditemukan dalam makanan olahan seperti pasta, roti putih dan muffin dengan cepat dipecah oleh tubuh Anda, menghasilkan lonjakan cepat kadar gula darah.

Alkohol

Semua orang tahu alkohol buruk bagi kesehatan. Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan jangka panjang, termasuk sirosis hati dan gagal hati. Selain itu, alkohol dapat mengiritasi jaringan dan membuatnya rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh karsinogen (zat penyebab kanker).

Keripik Kentang

Makanan yang digoreng pada suhu tinggi dapat membentuk akrilamida, yang dikenal sebagai karsinogen. Keripik  kentang tidak hanya tinggi lemak tetapi juga dilapisi dengan terlalu banyak garam, yang membuatnya tinggi sodium. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah dan masalah kolesterol, meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement