Senin 07 Nov 2022 19:06 WIB

Jokowi Kaget Elektabilitas Perindo Capai 4,5 Persen, Kalahkan Tiga Partai di Parlemen

Jokowi memuji Perindo yang menarik orang-orang hebat ke dalamnya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, elektabilitas Partai Perindo telah mencapai 4,5 persen berdasarkan survei dari Litbang Kompas. Bahkan Jokowi menyebut, elektabillitas Perindo ini telah melampaui tiga partai yang ada di parlemen.

“Saya melihat terakhir survei Litbang Kompas, Perindo dapat gede banget loh 4,5 persen. Hati-hati, sudah 4,5 persen, saya cek lagi saya detail lagi sudah mengalahkan tiga partai yang ada di parlemen,” ujar Jokowi saat menghadiri HUT Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ke-8 di Jakarta, Senin (7/11).

Baca Juga

Jokowi pun mengaku kaget dengan elektabilitas Partai Perindo tersebut. Kendati demikian ia mengaku bisa memaklumi capaian yang diraih oleh Perindo itu. Sebab, kata dia, Perindo mampu menarik orang-orang hebat untuk masuk ke dalam partainya.

Yakni seperti mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang serta Wakil Ketua DPD Mahyudin yang juga membawa masing-masing gerbongnya ke Perindo. Jokowi pun menyebut, adanya nama-nama besar di dalam sebuah partai pun akan sangat berpengaruh terhadap elektabilitas partai.

“Yang ditarik Pak Hary Tanoe itu orang-orang hebat. Ketua hariannya, Tuan Guru Bajang. Beliau ini gerbongnya panjang banget, saya kaget lagi di depan tadi ada bapak Mahyudin, nah ini juga gerbongnya panjang banget. Nah yang masuk Perindo dengan gerbong-gerbong yang panjang seperti ini ndak tahu survei kedua nanti akan dapat berapa,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyebut bahwa mars Perindo yang sudah dikenal oleh masyarakat luas bisa mempengaruhi popularitas partai.

“Dan yang tiap hari saya dengar Mars Perindo itu ada di mana mana. Waduh ini bisa mempengaruhi benar ini,” kata dia.

Ia mengatakan, komunikasi politik yang masif seperti yang dilakukan Perindo bisa mempengaruhi para pemilih. Karena itu, ia pun mengingatkan partai lain agar berhati-hati.

“Hati-hati partai yang lain. Hati-hati partai yang lain. Partai yang gede-gede juga hati-hati. Jangan-jangan ketarik ke Perindo semuanya. PDI hati-hati Pak Hasto. Golkar hati-hati Pak Sekjen Lodewijk hati-hati. Dan juga hati-hati Pak Prabowo. Tarik semua ke Perindo nanti jangan-jangan,” kata Jokowi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ لَهُمْ نَبِيُّهُمْ اِنَّ اللّٰهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوْتَ مَلِكًا ۗ قَالُوْٓا اَنّٰى يَكُوْنُ لَهُ الْمُلْكُ عَلَيْنَا وَنَحْنُ اَحَقُّ بِالْمُلْكِ مِنْهُ وَلَمْ يُؤْتَ سَعَةً مِّنَ الْمَالِۗ قَالَ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهٗ بَسْطَةً فِى الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ ۗ وَاللّٰهُ يُؤْتِيْ مُلْكَهٗ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
Dan nabi mereka berkata kepada mereka, “Sesungguhnya Allah telah mengangkat Talut menjadi rajamu.” Mereka menjawab, “Bagaimana Talut memperoleh kerajaan atas kami, sedangkan kami lebih berhak atas kerajaan itu daripadanya, dan dia tidak diberi kekayaan yang banyak?” (Nabi) menjawab, “Allah telah memilihnya (menjadi raja) kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik.” Allah memberikan kerajaan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 247)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement