Senin 07 Nov 2022 19:07 WIB

Masih dalam Pembahasan, Arema Tunggu Format Kompetisi Liga 1

Format kompetisi menjadi bahasan serius terkait kelanjutan Liga 1.

Red: Endro Yuwanto
Arema FC.
Foto: Arema FC
Arema FC.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Manajemen Arema FC menyatakan hingga saat ini masih menunggu format kelanjutan kompetisi Liga 1 menyusul Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (PT AABBI), Tatang Dwi Arifianto, mengatakan, format kelanjutan Liga 1 tersebut ditunggu untuk menentukan stadion yang akan menjadi kandang tim berjuluk Singo Edan.

"Kepastian di mana venue Arema FC setelah mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI pascatragedi Kanjuruhan, tentu akan segera dipastikan dan saat ini menunggu keputusan format kelanjutan kompetisi nanti seperti apa," kata Tatang dilansir dari laman resmi klub, Senin (7/11/2022).

Baca Juga

Tatang menjelaskan, Arema FC hingga saat ini menyatakan masih menunggu kepastian kelanjutan kompetisi Liga 1. Ada sejumlah opsi yang disebutkan bahwa Liga 1 akan dimulai pada 18 atau 25 November dan paling lambat 2 Desember 2022.

Selepas pertemuan pemilik klub pada 4 November 2022, Tatang melanjutkan, format kompetisi juga menjadi bahasan serius terkait kelanjutan Liga 1. Ada dua opsi yakni kompetisi dilanjutkan menggunakan skema tuan rumah dan kandang atau sistem bubble.

"Dua hal tersebut, home away atau centralized bubble, masih menjadi bahasan. Namun kami yakin hal ini akan segera dipastikan secepatnya,"  kata Tatang menambahkan.

Sebelumnya, Komite Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjatuhkan sanksi kepada Klub Arema FC terkait tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang menyebabkan 135 orang meninggal dunia.

Keputusan tersebut merujuk pada Pasal 69 Ayat 1, Ayat 2 dan Ayat 3 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018. Arema FC dilarang menyelenggarakan pertandingan sebagai tuan rumah dan harus dilaksanakan dengan jarak minimal 250 kilometer dari home base hingga akhir musim kompetisi 2022/2023.

Selain sanksi dilarang untuk menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola, Arema FC juga dijatuhi sanksi denda sebesar Rp 250 juta akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, tersebut.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement