Selasa 08 Nov 2022 05:57 WIB

Rionny Bakal Bahas Program Pelatihan Atlet Kepada Para Pelatih

Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky akan membahas program latihan atlet kepada para pelatih.

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Partner
.
Foto: network /Bilal Ramadhan
.

Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky akan membahas program latihan atlet kepada para pelatih.
Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky akan membahas program latihan atlet kepada para pelatih.

Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky akan membahas program latihan atlet kepada para pelatih. Hal ini merupakan bentuk evaluasi setelah Indonesia berhasil merebut dua gelar juara di Hylo Open 2022 pekan lalu.

"Yang pasti kami senang dan bersyukur dengan keberhasilan para pemain meraih dua gelar juara dari turnamen Hylo Open 2022. Apa yang didoakan, diharapkan, dan diperjuangkan dari pelatih, atlet, dan tim pendukung bisa tercapai untuk memberikan yang terbaik buat PBSI dan masyarakat Indonesia," kata Rionny, Senin (7/11/2022) malam.

Menyangkut evaluasi performa Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang jadi juara ganda campuran, dia mengatakan penampilan mereka sangat baik dan bisa menerapkan instruksi coach dengan tenang. Mereka berdua bermain sangat kompak, baik saat menyerang maupun bertahan.

Selain itu mereka juga konsisten dengan percaya diri tinggi sampai poin-poin akhir, sehingga bisa menyelesaikan pertandingan dengan sempurna. Untuk para pemain ganda campuran lain, evaluasinya adalah mereka harus ditambah semangat dan daya juangnya. Mereka harus melihat video rekaman pertandingan dan mengevaluasi apa kekurangan dan kelebihan mereka dan lawannya.

"Selain itu, yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemain ganda campuran adalah masih kurang dari segi mental, daya juang, dan kekompakan. Mereka juga harus lebih fokus dalam menjalani instruksi dan strategi dari pelatih," kata dia.

Terkait evaluasi performa Anthony Sinisuka Ginting yang tampil sebagai juara, Rionny mengakui Ginting sangat baik dalam merancang strategi dengan pola permainannya. Pada saat yang tepat dia bisa melakukan serangan yang akurat untuk mematikan lawan.

"Yang harus diperhatikan pada poin-poin akhir saat unggul dan memimpin, Ginting harus lebih sabar, fokus, dan tenang untuk bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan," kata dia.

Dari keberhasilan merebut titel juara di Hylo Open 2022, harapannya Ginting makin siap menuju BWF World Tour Final. Kemenangan itu pasti akan membuat rasa percaya dirinya bertambah. Ini tentu bisa menjadi modal bagus untuk menghadapi kejuaraan penutup akhir tahun tersebut.

Sementara evaluasi untuk pemain tunggal yang lain, seperti Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo, dia menilai cukup baik daya juangnya. Mereka juga harus melihat rekaman video pertandingan untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan lawannya

"Saya tentu akan berdiskusi dengan coach Irwansyah, menyangkut langkah apa dan progam apa yang bakal diterapkan untuk meningkatkan performa para pemain tunggal, termasuk Ginting, baik dari segi teknik, strategi, mental, dan stamina," kata Rionny menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement