Rabu 09 Nov 2022 08:09 WIB

Biden Bertemu Tiga Pemimpin Negara dalam Kunjungan Luar Negeri

Biden akan bertemu dengan para pemimpin dari Mesir, Kamboja, dan Indonesia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
 Presiden AS Joe Biden melambai kepada Ibu Negara.
Foto: EPA-EFE/Ting Shen
Presiden AS Joe Biden melambai kepada Ibu Negara.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan bertemu dengan para pemimpin dari Mesir, Kamboja, dan Indonesia. Pertemuan antarkepala negara ini sekaligus dalam rangka perjalannya ke konferensi iklim internasional dan pertemuan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), dan G20.

Para pejabat tidak dapat mengatakan apakah Biden akan mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden China Xi Jinping yang diperkirakan akan hadir di Bali dalam acara G20. Kedua pemerintah telah berupaya mengatur pertemuan tatap muka pertama antara kedua pemimpin sejak Biden menjabat pada Januari 2021.

Baca Juga

Biden akan memulai perjalanannya dengan melakukan kunjungan ke Mesir untuk berpartisipasi dalam konferensi perubahan iklim PBB COP27 pada Jumat (11/11/2022). Dia akan berbicara tentang upaya AS untuk mengurangi emisi dan  mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi.

Kemudian Biden akan melakukan perjalanan ke Kamboja untuk berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tahunan AS-ASEAN dan KTT Asia Timur pada Sabtu dan Minggu (12-13/11/2022). Dia akan fokus pada kawasan Indo-Pasifik dan berbicara tentang komitmen AS terhadap tatanan internasional berbasis aturan di Laut Cina Selatan.

Sedangkan akhir pekan hingga 16 November, Biden akan mengunjungi Indonesia untuk berpartisipasi dalam pertemuan puncak para pemimpin dari G20. Menurut keterangan pejabat pemerintah AS, dia akan menegaskan sikap tidak menyesal dalam membela Ukraina dan menyinggung Rusia selama pertemuan itu. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement