Isu Gibran Maju Pilgub, Ganjar: Tak Dukung

Rep: c02/ Red: Fernan Rahadi

Presiden Joko Widodo bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Walikota Solo Gibran Rakbuming Raka menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).
Presiden Joko Widodo bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Walikota Solo Gibran Rakbuming Raka menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022). | Foto: Dok

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menanggapi isu soal Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang akan maju di kancah Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang. Bahkan ia menyatakan dukungan kepada Gibran apabila yang bersangkutan berkeinginan untuk mencalonkan diri.

"Belum (ada obrolan, tapi) nek iki tak dukung ngono wae," kata Ganjar di depan Gibran usai acara di Solo Techno Park (STP), Rabu (9/11/2022).

Kendati demikian, Ganjar enggan memberikan rekomendasi khusus untuk Gibran perihal Pilgub Jawa Tengah. Hal itu dikarenakan hal tersebut terserah pada yang bersangkutan yang akan maju dan memutuskan daerah mana. Ia juga enggan berpendapat lebih lanjut.

"Ya menurut mas Gibran saja seng arep maju mas Gibran og (yang mau maju mas Gibran), yo terserah dia, kamu tanya dia dulu," katanya.

Meskipun berniat mendukung, Ganjar mengatakan daerah mana yang akan dituju Gibran sepenuhnya terserah yang bersangkutan. Ia mengatakan untuk menanyakan hal tersebut bisa langsung ditujukan kepada yang bersangkutan.

"Mas (Gibran) mau jadi Jateng satu apa nggak ini ditanyain. Apa DKI satu, lho takokke wonge langsung wong enek (ditanyain orangnya langsung berhubung orangnya ada)" terangnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming mengklaim tak berambisi dan belum memiliki niatan untuk melangkah ke jenjang berikutnya.

"Saya itu tidak ada niat mau kemana-mana dulu. Nek aku nduwe ambisi, aku mesti wes muter ning ngendi-ngendi (kalau aku punya ambisi, aku pasti sudah berkeliling kemana-mana) aku kan nang kene terus (aku kan di sini terus)," kata Gibran, Kamis (20/10/2022).

Selain itu, ketika disinggung apakah dirinya akan maju di (pilgub) Jateng atau DKI Jakarta, Gibran bersikukuh bahwa pihaknya akan memfokuskan diri menyelesaikan pekerjaan pada sisa masa jabatannya.

"Sekali lagi, jawabannya sama, fokus dulu di Solo. Terima kasih untuk doanya, terima kasih. Tapi yang jelas, saya masih fokus dulu di Solo. Saya masih harus menyelesaikan pekerjaan dulu di Solo, ya. Durung (belum) genap dua tahun," katanya.

 

Terkait


KIB Plus-plus Tunggu PDIP Restui Ganjar?

Pemkot Surakarta Kembali Kebut Vaksinasi Penguat

Soal Pre Wedding Kaesang-Erina di Stadion Manahan, Gibran: Kudune Bayar

Ganjar Bantah Ada PHK Massal Industri Tekstil di Jateng

Bertemu Ganjar di Istana, Jokowi Titip Pesan Soal Cuaca dan Inflasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark