Rabu 09 Nov 2022 21:10 WIB

Epidemiolog Ingatkan Pentingnya Vaksin Cegah Covid Bergejala Berat

Kelompok rentan mesti terlindungi dari subvarian baru.

Red: Teguh Firmansyah
Virus corona (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Virus corona (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19 guna mencegah gejala berat pada kelompok rentan. Termasuk di antara kelompok rentan itu adalah lansia dan mereka pemilik komorbid.

"Kelompok rentan seperti lansia, penderita komorbid dan imuno kompromais harus terlindungi vaksinasi terutama di tengah kemunculan subvarian baru XBB," kata dia dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Peneliti Pusat Riset Kesehatan Masyarakat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu, menjelaskan vaksinasi Covid-19 memberikan proteksi optimal bagi individu yang divaksin serta mencegah gejala berat dan menurunkan tingkat hospitalisasi.

Dia juga mengatakan kemunculan subvarian XBB perlu menjadi perhatian bersama menyusul peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia. "Masyarakat tidak perlu panik karena subvarian XBB ini tidak virulen, namun perlu tetap waspada karena bagi kelompok rentan tetap menimbulkan gejala berat," katanya.

Karena itu, kata dia, masyarakat perlu melindungi dan menjaga kelompok rentan dari risiko penularan COVID-19 serta memastikan kelompok rentan telah terlindungi vaksinasi. "Mari jaga para lansia, penderita komorbid dan imunokompromais serta anak-anak yang belum divaksin agar tidak terinfeksi," katanya.

Masdalina Pane menambahkan masyarakat juga perlu tetap patuh pada protokol kesehatan, tetap menggunakan masker terutama di tempat ramai, tetap menjaga jarak dan sering mencuci tangan. "Masyarakat juga perlu melengkapi diri dengan vaksinasi mulai dari dosis pertama hingga dosis penguat," katanya.

Selain itu yang juga tidak kalah penting, kata dia, masyarakat yang merasakan gejala yang mengarah ke COVID-19 perlu segera mendatangi puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan atau tes.

"Segera ke puskesmas untuk dilakukan tes, karena jika diketahui lebih dini dengan gejala ringan kemungkinan untuk sembuh sangat besar dengan obat yang telah disiapkan pemerintah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement