Kamis 10 Nov 2022 17:04 WIB

Industri Box Office Masih Lemah, Jaringan Bioskop AMC di AS Rugi Rp 3,5 Triliun

Hingga kini, industri box office dinilai masih lemah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Hingga kini, industri box office dinilai masih lemah.
Foto: www.pixabay.com
Hingga kini, industri box office dinilai masih lemah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bioskop AMC Entertainment melaporkan kerugian sebesar 226,9 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,5 triliun pada kuartal ketiga tahun 2022. Kerugian ini naik hampir 3 persen dari kerugian bersih 224,2 juta dolar AS pada tahun lalu.

Meski begitu, di tengah pergolakan industri karena pandemi dan platform streaming, jejaring bioskop tersebut mencatat pendapatan total 968,4 juta dolar AS, naik 27 persen dari 763,2 juta dolar AS pada kuartal tahun sebelumnya. 

Baca Juga

Selama kuartal terakhir di tahun 2022, kunjungan penonton mencapai 53,1 juta orang, naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 39,9 juta. Ini membuat pendapatan dari makanan dan minuman bioskop juga meningkat.

“Tepat seperti yang diantisipasi, hasil kuartal ketiga kami dipengaruhi oleh industri box office yang sangat lemah di dua pertiga terakhir dari kuartal ketiga 2022. Tapi pendapatan dan penjualan makanan tumbuh masing-masing 12 persen san persen, dibandingkan kuartal ketiga 2019," kata CEO AMC Theaters Adam Aron dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Kamis (10/11/2022).

Terlepas dari kondisi AMC yang mulai pulih, investor tetap bimbang dengan masa depan raksasa bioskop. Hal ini mengingat tren box office saat ini yang belum bergairah dan beban utangnya yang tinggi. 

“Kami belum keluar dari masalah. Sementara box office jelas meningkat, itu masih jauh dari tingkat pra-pandemi," kata Aron, saat industri bioskop digadang-gadang akan membaik pada kuartal keempat 2022 dan memasuki 2023 karena perilisan judul film top seperti "Black Panther: Wakanda Forever" dan "Avatar: The Way of Water".

Aron juga memprediksi bioskop akan menghadapi tantangan lain seperti kenaikan inflasi dan suku bunga, yang telah berdampak pada ekonomi AS secara luas, dikarenakan investor mulai khawatir dan belanja konsumen juga bisa jadi menurun. Di sisi lain, bioskop juga menghadapi persaingan iklan dengan platform streaming seperti Netflix.

"Teater dan streamer dapat berkembang, secara bersamaan, dan dapat berkembang bersama-sama,” kata Aron kepada para analis saat AMC ingin berbisnis dengan platform streaming. Jika ada, bos AMC mengatakan rintangan utama untuknya adalah terlalu sedikit gelar tentpole dari Hollywood yang menuju ke multipleksnya.

"Itulah tantangan utama yang dihadapi industri film saat ini, di atas segalanya, dan ada optimisme bahwa lebih banyak judul film adalah masa depan kita," kata Aron setelah dia berbincang dengan pemasok studio utama Hollywood. 

Pada awal 2021, AMC menjadi saham populer di kalangan investor ritel, setelah perusahaan tersebut nyaris bangkrut di tengah dampak pandemi di jaringan bioskop. Lonjakan saham membantu perusahaan memperkuat posisi keuangannya, dan mendiversifikasi aliran pendapatannya, karena para eksekutif mengambil kesempatan untuk menjual saham, membeli kembali utang, dan membayar kewajiban sewa teater yang ditangguhkan.

Usaha baru lainnya bagi AMC untuk menurunkan beban utangnya yang tinggi termasuk membeli 22 persen saham di tambang emas, Hycroft Mining Holding Corp, mendorong popcornnya untuk dijual di toko ritel pada paruh pertama tahun 2023.

Pada Selasa, AMC melaporkan kerugian sebesar 11,8 juta dolar AS dalam nilai investasinya di Hycroft Mining Holding selama kuartal keuangan terakhir, yang diimbangi oleh 36,4 juta dolar AS dalam lava bersih yang diterima dari penjualan 14,9 juta saham Unit Ekuitas Pilihan AMC.

Aron juga mengatakan kepada analis bahwa AMC Theaters On Demand, yang memungkinkan konsumen menyewa atau membeli film untuk ditonton di platform digital, akan dihapus atau mitra usaha venture akan diajak untuk berbagi biaya investasi.

Tetapi karena kekayaan perusahaan terus bergantung pada penayangan film di bioskop untuk membendung kerugian di masa depan, momentum saham tahun lalu telah memudar, bahkan ketika saham di AMC Entertainment naik 29 sen, atau hanya lebih dari 5 persen menjadi 5,62 dolar AS pada hari Selasa, sebelum beberapa jam setelahnya perdagangan anjlok 20 sen menjadi 5,42 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement