Kamis 10 Nov 2022 20:13 WIB

Merah Putih Terbentang di Jembatan Suramadu Peringati Hari Pahlawan

Bendera Merah Putih itu diusung oleh ribuan guru dan siswa-siswi SMA di Surabaya.

Red: Andi Nur Aminah
Pengendara motor melintasi Jembatan Suramadu di Bangkalan, Jawa Timur (iilustrasi)
Foto: Antara/Zabur Karuru
Pengendara motor melintasi Jembatan Suramadu di Bangkalan, Jawa Timur (iilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bendera Merah Putih terbentang di Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2022, yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur. "Kain Merah putih ini panjangnya 3.219 meter, dijahit oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/SMA Ma'arif Mojokerto," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Tadi pagi, bendera Merah Putih itu diusung oleh ribuan guru dan siswa-siswi SMA di Surabaya, hingga membentang di Jembatan Suramadu. Tampak merah putih terbentang di Jembatan Suramadu sejak pukul 06.30 WIB hingga 10.00 WIB.

Baca Juga

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatatnya sebagai bentang bendera terpanjang di dunia. "Terima kasih," kata Gubernur Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu sekaligus meminta maaf kepada pengguna jalan raya karena akibat kegiatan bentang bendera ini lalu lintas jadi tersendat. "Kita lihat saat ini proses lalu lintas sedikit tersendat, saya mohon maaf. Tapi ini adalah bagian dari cara kita memanggil memori nasionalisme yang harus kita bangun dan kuatkan kembali. Momentumnya adalah 10 November 2022. Selamat Hari Pahlawan untuk semua warga Bangsa Indonesia," ujar dia.

Pembentangan bendera Merah Putih di Suramadu, yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia, oleh Gubernur Khofifah diibaratkan sebagai jembatan emas, seperti yang pernah disampaikan Bapak Bangsa Bung Karno. "Bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas. Maka penyeberangan di ujung jembatan emas adalah menata kehidupan yang lebih baik. Sedangkan merah putih adalah warna heroik yang memberi identitas bangsa dan negara Indonesia. Dan mata dunia memandang Indonesia sebagai bangsa yang gagah dan perkasa," kata dia.

Senior Manager MURI Triyono memastikan kegiatan bentang bendera Merah Putih di Jembatan Suramadu hari ini adalah rekor dunia. "Pembentangan bendera Merah Putih sejauh ini sebetulnya belum pernah ada. Dalam artian belum pernah ada di Indonesia. Di luar negeri juga belum ada," katanya.

Maka MURI mencatatnya sebagai rekor dunia. "Karena Merah Putih kan bendera Indonesia ya, jadi pasti Indonesia pemecah rekornya," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement