Ahad 13 Nov 2022 07:04 WIB

Sebanyak 500 Relawan Arab Saudi akan Berpartisipasi dalam Piala Dunia Qatar

Arab Saudi membuka penerbangan ke Qatar lebih banyak lagi sambut Piala Dunia 2022

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
 Terminal keberangkatan di Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Arab Saudi membuka penerbangan ke Qatar lebih banyak lagi sambut Piala Dunia 2022
Foto: EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL
Terminal keberangkatan di Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Arab Saudi membuka penerbangan ke Qatar lebih banyak lagi sambut Piala Dunia 2022

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Kementerian Olahraga Arab Saudi mengumumkan pada Kamis (10/11/2022) lalu bahwa lebih dari 500 relawan dari Arab Saudi akan berpartisipasi dalam Piala Dunia Qatar 2022. Piala dunia Qatar akan dimulai pada 20 November. 

“Akan ada 5.000 penggemar Green Falcons yang telah ditempatkan di liga tim nasional Saudi, dalam persiapan untuk pertandingan Piala Dunia,” kata Sekretaris jenderal Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Ibrahim Al-Qassem, pada konferensi pers yang diselenggarakan oleh Kementerian Olahraga, dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (13/11/2022). 

Baca Juga

“Kami meluncurkan peluang di aplikasi 'Qadam', berkoordinasi dengan FIFA, dan kami akan bekerja untuk meluncurkan lebih banyak tiket untuk periode mendatang. Piala Dunia tidak lagi seperti 70 tahun lalu, dan bukan lagi sekadar turnamen sepak bola,” sambungnya.  

Al-Qassem mencatat bahwa ada 5.000 penggemar di Liga Nasional untuk mendorongnya. Pihaknya telah mengidentifikasi 100 penggemar dari setiap klub di liga profesional, serta 30 penggemar dari klub kelas satu lainnya, dan sisanya sesuai dengan status masing-masing klub di liganya. 

Mengenai klub yang mengirimkan jumlah yang lebih kecil, dia meminta mereka untuk menambah jumlah penggemarnya.

Direktur Jenderal Perencanaan Strategis Kementerian Olahraga, Hammad Al-Balawi, mengatakan jumlah peserta program pertukaran ilmu dan kerelawanan Piala Dunia itu berjumlah lebih dari sepuluh instansi pemerintah, 20 pegawai, dan 500 relawan. 

“Kami telah mendukung Federasi Sepak Bola Arab Saudi untuk mengamankan kehadiran penggemar di Piala Dunia, dan kami bekerja dengan berbagai pihak untuk memfasilitasi perjalanan penggemar Arab Saudi,” katanya. 

Direktur Jenderal Pemasaran dan Komunikasi Perusahaan Matarat Holding Company Ahmed Almusained, mengatakan bahwa frekuensi layanan penerbangan ke Qatar telah ditingkatkan dari 13 November hingga 24 Desember menjadi lebih dari 2.300 penerbangan berjadwal.  

“Ada lima bandara yang mengoperasikan penerbangan Piala Dunia, yaitu Bandara Internasional King Khalid, Bandara Internasional King Abdulaziz, Bandara Internasional King Fahd, Bandara Internasional Prince Naif, dan Bandara Internasional Prince Muhammad bin Abdulaziz,” katanya.

Juru bicara Otoritas Transportasi Umum, Saleh Al-Zuwaid, mengatakan bahwa mereka telah mengatur layanan transportasi antar-jemput gratis antara pelabuhan darat Salwa dan Abu Samra sepanjang waktu. 

“Kami telah menyediakan layanan transportasi shuttle dengan 55 bus, selain 142 bus antara bandara Riyadh, Jeddah, dan Dammam,” jelasnya.  

Juru bicara Otoritas Zakat, Pajak dan Bea Cukai, Hammoud Al-Harbi mengatakan telah meningkatkan kapasitas rute pelabuhan Salwa, dan telah meningkatkan jumlah pos pemeriksaan dan kabin. Termasuk kapasitas untuk menerima penggemar melalui bus juga telah ditingkatkan. 

Sementara itu, Direktur eksekutif Departemen Pendukung Keputusan di Otoritas Pariwisata Saudi, Faisal Al-Balawi, mengungkapkan bahwa mereka meluncurkan platform Hadhireen untuk memperkaya pengalaman wisatawan selama Piala Dunia dalam delapan bahasa berbeda. 

“Kami juga telah berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan sepanjang waktu melalui call center 911 bersama,” tambahnya.

 

 

Sumber: saudigazette  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement