Senin 14 Nov 2022 10:17 WIB

Pemkot Jaksel Tambah Tanaman Produktif di AEW Ragunan

Sebanyak 219 tanaman produktif yang menghasilkan buah ditanam di kawasan Ragunan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pengunjung memadati area Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung memadati area Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggencarkan penambahan tanaman produktif di Agro Edu Wisata (AEW) Ragunan, untuk menambah penghijauan di lokasi itu. Tanaman produktif merupakan jenis penghasil buah untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga bisa dikonsumsi.

"Kami sampai November 2022 ini telah menanam 219 tanaman produktif," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jaksel, Hasudungan A Sidabalok di Jakarta, Senin (14/11/2022).

Hasudungan menjelaskan, sebanyak 219 tanaman produktif yang ditanam, meliputi mangga, jambu kristal, alpukat, kopi, kelapa hibrida, jeruk limo, jeruk nipis, jambu biji, jeruk, dan rambutan. Ke depan, pihaknya akan terus menambah tanaman seperti menerima pemberian cendera mata berupa pohon dari kunjungan para wisatawan.

Menurut Hasudungan, selain memberikan penghijauan, fungsi pohon lainnya bisa mempercantik lingkungan dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup sehari-hari. "Kemarin kami menerima lima pohon dari wisatawan Ciamis dan Garut yang akan dibudidayakan di AEW Ragunan," tuturnya.

Adapun gerakan itu mengikuti arahan Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono yang menggencarkan kembali penanaman pohon sebagai upaya pencegahan banjir di DKI Jakarta. "Dalam memasuki musim hujan, saya meminta kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, nanti untuk titiknya di mana saja," kata Heru di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (13/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement