Selasa 15 Nov 2022 05:00 WIB

Profil Enam Negara Islam yang Ikut Piala Dunia 2022

Ada enam negara Islam yang menjadi peserta Piala Dunia Qatar 2022.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Timnas Arab Saudi (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/DEAN LEWINS
Timnas Arab Saudi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perhelatan Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar hanya tinggal menghitung hari. Setidaknya ada beberapa negara Islam yang ikut serta dalam pesta olahraga dunia terbesar itu.

Dilansir di About Islam, Senin (14/11/2022), pada Piala Dunia tahun ini akan menjadi turnamen pertama yang diselenggarakan di Timur Tengah, yakni momen pertama Piala Dunia di negara mayoritas Muslim. Pada Piala Dunia 2022 ini, enam negara Muslim telah lolos ke kompetisi tersebut, dengan harapan besar bisa melaju sejauh mungkin di turnamen internasional.

Baca Juga

Qatar, tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, adalah sebuah negara yang terletak di pantai timur laut Semenanjung Arab. Ibukota Qatar adalah Doha dan bahasa Arab adalah bahasa resminya. Tim nasional Qatar, The Maroon, memainkan pertandingan resmi pertamanya pada tahun 1970 melawan tuan rumah Bahrain, kalah 1-2. Sejak itu, tim telah tampil di sepuluh turnamen Piala Asia sejauh ini, dan telah memenangkannya sekali, pada tahun 2019.

Di Piala Arab FIFA 2021, Qatar memenangkan semua pertandingan penyisihan grup dan menghadapi UEA, menang 5-0. Mereka kalah 2-1 di semifinal melawan Aljazair, dan akhirnya ditempatkan ke-3. Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan pertama bagi The Maroon sejauh menyangkut acara sepakbola Mundial.

Berikut profil enam negara Islam yang ikut serta Piala Dunia 2022:

Tunisia

Tim nasional sepak bola Tunisia alias "Carthage Eagles" dibentuk pada tahun 1928 dan merupakan salah satu tim top Dunia Islam. Di tingkat regional, tim ini telah memenangkan Piala Afrika sekali, selain meraih medali emas di Mediterranean Games.

Sejauh Piala Dunia yang bersangkutan, Tunisia telah muncul dalam lima kesempatan. Yang pertama di Piala Dunia FIFA 1978 di mana mereka selesai di posisi kesembilan. Antara 1998 dan 2006, mereka memiliki tiga kualifikasi Piala Dunia beruntun. Mereka juga lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia. Piala Dunia 2022 Qatar adalah penampilan keenam mereka di putaran final.

Senegal

Senegal adalah negara Afrika Barat yang membentang seluas 197.000 km2 di mana sekitar 15 juta orang tinggal di dalamnya. Tim sepak bola nasional Senegal, yang dijuluki "Teranga Lions", dibentuk pada tahun 1959.

Di Piala Afrika 2021, Senegal memenangkan kompetisi, mengalahkan Mesir dalam adu penalti, dan Mane mencetak penalti kemenangan, untuk menjadikan Senegal Piala Afrika pertamanya. 

Berkenaan dengan Piala Dunia FIFA, tim Senegal dianggap memiliki prestasi terbaik kedua untuk Dunia Muslim di FIFA sejauh ini, setelah Turki yang menempati posisi ketiga di Piala Dunia Jepang/Korea Selatan 2002.

Arab Saudi

Kerajaan Asia Barat terbentang sekitar 2 juta km2. Ibukotanya adalah Riyadh, dan Islam dianut oleh hampir 99 persen penduduk yang berbahasa Arab sebagai bahasa utama. Negara ini memiliki populasi hampir 20 juta orang.

Tim sepak bola nasional Arab Saudi, "The Green", dibentuk pada tahun 1956. Ia memegang tiga gelar Piala Asia, lolos enam kali ke Piala Dunia FIFA, dan memenangkan medali emas pada Permainan Solidaritas Islam 2005 di Hijaz.

Maroko

Maroko, sebuah negara Afrika Utara, berpenduduk sekitar 34 juta jiwa di atas lahan seluas 710.850 km2. Ibukotanya adalah Rabat, tetapi kota yang terbesar adalah Casablanca. Agama mayoritas kerajaan adalah Islam oleh 99 persen populasinya, dan bahasa resminya adalah Amazigh dan Arab. Tim sepak bola nasional Maroko alias "Atlas Lions" mencapai posisi ke-10 di Peringkat Dunia FIFA 1998.

Itu dibentuk pada tahun 1928 dan memenuhi syarat enam kali untuk Piala Dunia FIFA. Tim telah memenangkan Piala Afrika sekali, dua medali emas Mediterania Games; itu juga mengamankan medali emas di Islamic Solidarity Games 2013 di Indonesia.

Iran

Ini adalah negara Asia Barat dengan Teheran sebagai ibukotanya. Republik ini terdiri dari area seluas 1.648.195 km2 dengan populasi lebih dari 82 juta orang. Islam adalah agama utama Iran dengan lebih dari 98 persen. Federasi tim sepak bola nasional Iran didirikan pada tahun 1920. "Singa Persia" adalah salah satu tim paling sukses di Dunia Islam, memenangkan tiga piala Asia dan rekor empat medali emas di Asian Games. Untuk Mundial, tahun ini akan menjadi keenam kalinya mereka lolos kualifikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement