Selasa 15 Nov 2022 06:14 WIB

Joe Biden: Saya tak Sabar Hadiri Gelaran KTT G20

AS tegaskan komitmennya untuk menjadikan dunia lebih baik bersama sekutu.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joe Biden berbicara dalam konferensi pers di sela-sela pertemuan puncak G20, Senin, 14 November 2022, di Bali, Indonesia.
Foto: AP/Alex Brandon
Presiden Joe Biden berbicara dalam konferensi pers di sela-sela pertemuan puncak G20, Senin, 14 November 2022, di Bali, Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Presiden Amerika Joe Biden mengaku tak sabar untuk mengikuti dan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dibuka pada Selasa (15/11). Menurutnya, pertemuan G20 ini merupakan pertemuan penting untuk membahas strategi kemajuan dunia di masa mendatang.

"Saya sangat menantikan pertemuan G20 yang akan dilangsungkan esok," ujar Biden saat menggelar konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Baca Juga

Biden menjelaskan pada pertemuan G20 ini Amerika Serikat menegaskan komitmenya untuk bisa bersama dengan sekutu maupun mitranya untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Biden tak menampik saat ini dunia sedang dihadapkan oleh banyak tantangan seperti ketahanan energi, ketahanan pangan dan juga perubahan iklim.

"Kita akan banyak membahas isu yang penting untuk kehidupan masyarakat dunia pada pertemuan G20 nanti. Kami sangat berkomitmen untuk bersama sama dengan negara G20 meningkatkan keamanan kesehatan global dan juga tentu saja memastikan dunia lebih siap menghadapi pandemi berikutnya," papar Biden.

Biden menjelaskan pertemuan G20 di Indonesia kali ini juga sejalan dengan semangat pertemuan Konnferensi Tingkat Tinggi Soal Lingkungan (COP 27) di Mesir. Biden sepakat bahwa saat ini untuk bisa memperkuat ketahanan pangan dan energi perlu dilakukan upaya bersama untuk bisa mengurangi emisi karbon.

"Kami tetap memegang penuh komitmen kami untuk mengurangi emisi global dengan sasaran utama pengurangan hingga 1,5 derajat celsius. Dan kami akan memenuhi target penurunan emisi karbon kami," tambah Biden.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement