Temanggung Canangkan Gerbang Emas dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi

Red: Muhammad Fakhruddin

Temanggung Canangkan Gerbang Emas dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi (ilustrasi).
Temanggung Canangkan Gerbang Emas dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi (ilustrasi). | Foto: Antara/Anis Efizudin

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG -- Pemerintah Kabupaten Temanggung telah mencanangkan inovasi pembangunan melalui program Gerbang Emas dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pascaCOVID-19 kata Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi, dan Informasi Perangkat Daerah (PEIPD) Bappeda setempat Woro Pratiwi Setyorini.

Woro mengatakan program Gerbang Emas, yaitu membangun desa pinggiran yang berdaya saing dengan tujuan peningkatan kesehatan, pelestarian lingkungan, dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Menurut dia melalui program tersebut desa menjadi subjek pembangunan bukan lagi menjadi objek sehingga desa diharapkan bisa berdaya saing tinggi dalam membangun wilayahnya sendiri dengan kekuatan potensi kearifan lokal yang dimiliki.

Dalam mendukung program tersebut pemerintah Kabupaten Temanggung bersama semua stakeholder senantiasa bersinergidalam mendorong, memotivasi, dan memfasilitasi pembangunan desa pinggiran agar menjadi lebih produktif.

Baca Juga

Ia menyampaikan Gerbang Emas fokus pada dimensi pembangunan berkelanjutan yang terdiri atas empat pilar, yaitu ekonomi, sosial, lingkungan, dan kelembagaan melalui peningkatan produktivitas ekonomi, penyerapan tenaga kerja, peningkatan kualitas kesehatan tanpa mengabaikan kelestarian lingkungan sehingga terwujud sumber daya manusia berdaya saing, akselerasi ekonomi dan respon terhadap perubahan iklim.

"Hal ini merupakan salah satu advokasi pimpinan daerah dalam menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam pembangunan daerah," katanya, Selasa (16/11/2022).

Ia menuturkan untuk mengetahui progres pelaksanaan Gerbang Emas, di bulan November 2022 akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi baik secara online maupun offline.

Woro menyampaikan kemarin telah dilakukan rapat koordinasi pelaksanaan inovasi daerah Gerbang Emas yang dihadiri semua unsur pentahelix yang terdiri atas masyarakat pelaku usaha Shibiru, rokok cerutu, rokok tingwe, sekolah kopi, forum tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (TJSLP), akademisi, perangkat daerah terkait, dan media massa.

Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei, menyampaikan apresiasi terhadap segenap masyarakat yang telah berinisiatif menciptakan inovasi-inovasi baik perorangan maupun lembaga sebagai upaya meningkatkan daya saing demi memulihkan perekonomian masyarakat Temanggung.

"Terima kasih kepada para stakeholder telah berkomitmen untuk menyukseskan program Gerbang Emas sesuai dengan spesialisasi masing-masing agar harapan menyejahterakan masyarakat Temanggung dapat tercapai," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Luhut Optimistis Pendapatan Perkapita Indonesia 10.000 Dollar AS di 2030

PUPR Adakan G20 Special Event HELP Atasi Bencana

Sun Life Ingatkan Pentingnya Kesehatan untuk Pemulihan Ekonomi

Program Kartu Prakerja Purbalingga Gelombang I, 100 Pengangguran Dapat Pekerjaan

Airlangga: Industri Minyak Sawit Beri Kontribusi Pemulihan Ekonomi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark