Rabu 16 Nov 2022 06:13 WIB

SDN 2 Talagasari Garut Roboh Akibat Cuaca Ekstrem

Dengan robohnya sekolah tersebut, siswa sementara diliburkan.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas melihat bangunan SDN 2 Talagasari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, yang roboh akibat cuaca ekstrem.
Foto: Dok. Koramil Cikajang
Petugas melihat bangunan SDN 2 Talagasari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, yang roboh akibat cuaca ekstrem.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Talagasari di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, dilaporkan roboh pada Senin (14/11/2022). Robohnya sekolah itu diduga merupakan dampak dari cuaca ekstrem yang terjadi pada hari itu.

Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 1116/Cikajang, Kapten Inf Hartono Panggabean, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Senin sekitar pukul 15.00 WIB. Bangunan sekolah yang roboh di antaranya adalah atap ruang kelas serta beberapa tembok, genting, dan asbes, hancur.

 

"Korban jiwa nihil," kata dia, Selasa (15/11/2022).

 

Kendati tak menimbulkan korban jiwa, robohnya sekolah tersebut mengakibatkan kerugian materiel. Diperkirakan, kerugian akibat robohnya sekolah itu mencapai Rp 150 juta.

 

Hartono mengatakan, bangunan sekolah itu roboh diduga akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang terjadi pada Senin. Selain itu, menurut dia, bangunan sekolah juga terdampak akibat gempa bumi yang menggucang Kabupaten Garut pada Sabtu (12/11/2022).

 

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan peninjauan ke lokasi sekolah tersebut dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat. "Dengan robohnya sekolah tersebut, siswa sementara diliburkan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement