Rabu 16 Nov 2022 09:33 WIB

Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Digelar di Art Bali

Kemenhub ingin mengkampanyekan kendaraan listrik di kalangan masyarakat umum.

Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Mobil Listrik
Foto: Mgrol101
Ilustrasi Mobil Listrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menggelar Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022. Pameran ini sebagai upaya transisi energi dalam menurunkan emisi karbon di Indonesia.

Melalui PKBLBB 2022, Kemenhub ingin mengkampanyekan kendaraan listrik di kalangan masyarakat umum. PKBLBB 2022 menjadi sarana kerjasama antara pemerintah, akademisi, masyarakat, dan pihak swasta untuk berkolaborasi dalam mewujudkan transisi energi.

Baca Juga

Adapun PKBLBB 2022 menjadi sarana bagi masyarakat untuk dapat merasakan inovasi produk dari berbagai jenama yang turut memeriahkan acara. Masyarakat dapat mencoba berbagai kendaraan listrik melalui program test ride dan test drive.

Tak hanya itu, terdapat program lainnya seperti hiburan, showcase, talk show dan seminar yang informatif, sehingga pameran ini mampu menjawab berbagai persoalan sebelum menggunakan kendaraan listrik.

Hadirnya kendaraan konversi juga memperlihatkan bahwa dunia modifikasi terus berkembang dan kreativitas modifikator dapat dituangkan ke kendaraan listrik, serta mendapat berbagai manfaat setelah mengkonversi kendaraannya.

PKBLBB dilaksanakan hingga hari ini (16/11/2022) di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali dan diikuti 28 eksibitor yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai.

Bukan hanya pelaksanaan pameran setiap harinya, turut diadakan talkshow, test ride dan test drive, student showcase, community showcase dan hiburan.

Acara ini juga dihadiri oleh pelaku industri kendaraan listrik, instansi yang terkait dan secara terbuka dapat dihadiri oleh delegasi dari negara peserta KTT G20. Pameran ini dibuka pukul 10.00-21.00 WITA dan terbuka untuk pengunjung umum secara gratis.

Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) Moeldoko berharap kehadiran kendaraan listrik (EV) dapat berdampak positif bagi masyarakat Indonesia di masa depan.

"Harapan saya hadirnya kendaraan listrik dapat menjadi hal baru yang dapat memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat Indonesia," kata Moeldoko, dikutip dari keterangan pers Ditjen Perhubungan Darat, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan hal tersebut sejalan dengan Indonesia yang mendukung adanya transisi energi dengan melakukan berbagai perubahan kebijakan yang telah ditetapkan.

Selain itu, lingkungan hidup merupakan isu global yang menjadi salah satu prioritas pada Presidensi G20 2022 yang diselenggarakan di Bali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement