Khofifah Temui Warga Jatim di Sulsel Lakukan Program Misi Dagang

Red: Muhammad Fakhruddin

Khofifah Temui Warga Jatim di Sulsel Lakukan Program Misi Dagang. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Khofifah Temui Warga Jatim di Sulsel Lakukan Program Misi Dagang. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menemui ratusan warga Jawa Timur yang bermukim di Sulawesi Selatan untuk bersilaturahmi sekaligus memperkuat pasar antardaerah melalui program misi dagang.

"Pada dasarnya, kami tiap bulan melaksanakan misi dagang. Pada saat COVID-19 tidak tiap bulan melakukan kunjungan, tapi dengan virtual bisnis meeting. Kekuatan perdagangan Jawa Timur itu perdagangan antarprovinsi dan pulau," ujar Khofifah usai mengikuti forum silaturahmi di Hotel Max One Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu malam (16/11/2022).

Mantan Menteri Sosial ini mengatakan pada 2021 perdagangan antarprovinsi mengalami surplus Rp259 triliun. Untuk itu, pihak Pemerintah Provinsi Jatim terus membangun konektivitas semaksimal mungkin pada seluruh provinsi di Indonesia.

"Kita punya market gede (pasar besar) sekali. Penduduk Indonesia saat ini 276 juta, pasti pasar yang sangat besar. Itulah yang kemudian menjadi fokus Pemprov Jawa Timur untuk terus-menerus melakukan misi dagang ke berbagai provinsi," katanya.

Baca Juga

Setelah dari Aceh, misi dagang kemudian dilanjutkan di Sulsel dan rencananya ke Kalimantan Tengah. Konektifitas misi dagang ini, kata dia, dibangun secara komprehensif bersama jajaran Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Timur dengan Kadin Sulsel termasuk dengan organisasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia atau Iwapi.

Begitu juga dengan organisasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jatim bersama organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan kerja sama melalui MoU atau Nota Kesepahaman antar BUMD maupun dengan trader dan buyer termasuk pelaku usaha dagang lainnya.

Rencananya, pertemuan dengan Pemprov Sulsel melalui Kadin, IWAPI dan asosiasi lainnya akan dilaksanakan di Makassar, sebagai penguatan misi dagang di wilayah Sulsel.

Saat ditanyakan apakah acara nanti bertemu Gubernur Sulsel, kata dia, akan bertemu.

"Kita sudah dua bulan sebelumnya berkoordinasi, jadi pasti ada pertemuan. Sebelumnya dibicarakan barang apa saja di display (dipajang). Biasanya ada juga transaksi sudah terbangun sebelumnya. Jadi, disini hanya memastikan ini barang-barangnya, kemudian melakukan kontak quality (kualitasnya)," kata Khofifah menambahkan.

Forum silaturahmi warga Jatim tersebut juga dihadiri Ketua Komisi B DPRD Jatim Aliyadi Mustofa, Ketua Umum Panguyuban Jatim di Sulsel Untung Waluyo, Sesepuh Paguyuban Jatim di Sulsel KH Imam Syafi'i serta perwakilan BUMD Jatim dan warga pengusaha asal Jatim lainnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Khofifah Dorong Digitalisasi Kearsipan di Pemprov Jatim

Mentan Syahrul dan Khofifah Raih Penghargaan Perpusnas

Khofifah Beri Penghargaan Bupati Lumajang Raih WTP Berturut-turut

Khofifah Bertemu dengan Hasto dan Eri, Sinyal untuk Pilgub Jatim?

Soal Pertemuan Tertutup dengan Khofifah, Hasto: Bahas Hal Strategis dan Rahasia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark