Kamis 17 Nov 2022 12:27 WIB

Ronaldo Ungkap Pemain Muda MU tak Hormati Para Senior

Fenomena itu tidak hanya terjadi di MU, tapi hampir di semua tim di dunia.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo berlari dengan bola selama pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris. Belum lama ini Ronaldo mengkritik sikap dan profesionalisme pemain muda Manchester United.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo berlari dengan bola selama pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris. Belum lama ini Ronaldo mengkritik sikap dan profesionalisme pemain muda Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo mengkritik sikap dan profesionalisme pemain muda Manchester United (MU). Menurutnya, pemain muda MU saat ini tidak menghormati senior yang lebih berpengalaman atau pun pemain yang lebih tua.

Namun pemain berusia 37 tahun itu mengatakan, kalau para pemain muda tersebut memang hidup di era yang berbeda.

Baca Juga

''Saya bisa mengatakan untuk anak saya yang berusia 12 tahun, mentalitasnya tidak sama. Rasa lapar mereka (berbeda). Saya pikir mereka memiliki hal-hal yang lebih mudah. Semuanya mudah. Mereka tidak menderita dan mereka tidak peduli,'' ujar Ronaldo dikutip dari Dailymail, Kamis (17/11/2022).

Pemain internasional Portugal itu mengatakan, fenomena itu ternyata tidak hanya terjadi di MU, tapi hampir di semua tim di dunia. Hanya saja Ronaldo mengatakan, para pemain muda tersebut tidak bisa disalahkan karena itu adalah bagian dari kehidupan dan generasi baru. Teknologi baru juga dianggap mengalihkan perhatian.

''Mereka mendengar. Tapi itulah alasan kita punya dua telinga, apakah hanya mendengar dari satu sisi atau melangkah ke arah yang sebaliknya. Itu tidak mengejutkan saya,'' kata Ronaldo.

Ronaldo menyayangkan pemain muda MU seolah tidak melihat pemain seniornya sebagai contoh terbaik untuk mengembangkan karier. Mantan pemain Juventus itu bercerita, ketika berusia 18 tahun hingga 20 tahun, dirinya selalu melihat pemain seperti Van Nistelrooy, Rio Ferdinand, Roy Keane, dan Ryan Giggs, untuk dijadikan contoh.

''Inilah mengapa saya sukses dan punya umur panjang. Saya menjaga tubuh saya, mentalitas saya, kepala saya, karena saya melihat orang ini dan saya belajar dari mereka,'' jelas pemain berjulukan CR7 itu.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement