Jumat 18 Nov 2022 02:25 WIB

Nadal Akhiri Penampilan di ATP Finals dengan Kalahkan Ruud

Nadal mengakhiri tahun 2022 dengan rekor tingkat tur 39-8.

Red: Gilang Akbar Prambadi
 Petenis Spanyol Rafael Nadal.
Foto: AP/Antonio Calanni
Petenis Spanyol Rafael Nadal.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Rafael Nadal menyelesaikan penampilannya dalam ATP Finals di Turin, Kamis, dengan gemilang ketika petenis Spanyol itu mengalahkan Casper Ruud 7-5, 7-5 pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup.

Unggulan teratas itu menaikkan levelnya dalam pertandingan ketiganya di Grup Hijau, memanfaatkan poin cepat untuk keuntungannya dengan beberapa pukulan yang menjadi ciri khasnya.

Baca Juga

Nadal mencetak 37 winner sementara Ruud 19 winner, dan memenangi 93 persen (38/41) poin di belakang servis pertamanya untuk memastikan kemenangan satu jam 43 menit dan mengakhiri musim 2022 dengan catatan kemenangan.

"Saya telah berlatih dengan baik," kata Nadal, seperti disiarkan laman ATP, Kamis (17/11/2022).

"Mungkin tidak cukup pertandingan untuk berada di level yang saya butuhkan. Tidak cukup percaya diri, mungkin, setelah enam bulan yang sulit. Begitulah adanya. Saya menerima bahwa musim tidak berakhir seperti yang saya inginkan, (tetapi) setidaknya saya menyelesaikannya dengan kemenangan yang positif."

"Ini penting, pertandingan resmi terakhir musim ini, jadi saya senang untuk itu. Pada akhirnya saya senang tentang itu... Saya bisa menang melawan pemain hebat."

Kemenangan itu berarti Nadal finis dengan catatan 1-2 di ATP Finals. Petenis berusia 36 tahun, yang tahun ini mengangkat empat trofi tingkat tur, termasuk mahkota utama di Australian Open dan Roland Garros, mengakhiri tahun 2022 dengan rekor tingkat tur 39-8.

"Saya tidak bisa meminta lebih," kata Nadal.

"2022 mengalami enam bulan yang sulit, dua Grand Slam, dan menyelesaikan tahun ini di posisi teratas dalam peringkat. Jadi, saya tidak bisa mengeluh sama sekali. Di usia saya, untuk dapat berprestasi dan kompetitif sangat berarti bagi saya."

"Untuk tahun 2023, mari kita coba untuk memiliki persiapan yang tepat, bekerja dengan cara yang tepat dan memulai musim dengan energi yang tepat, sikap yang tepat, untuk mencapai level yang saya butuhkan untuk menjadi kompetitif sejak awal. Mari kita coba, saya senang karenanya," ujar Nadal.

Meski kalah pada Kamis, Ruud melaju ke semifinal untuk tahun kedua berturut-turut.

Petenis Norwegia itu telah mengamankan tempat di semifinal, yang satu slot lagi dari Grup Hijau akan diperebutkan oleh Felix Auger-Aliassime atau Taylor Fritz.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَّا الَّذِيْنَ يَصِلُوْنَ اِلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌ اَوْ جَاۤءُوْكُمْ حَصِرَتْ صُدُوْرُهُمْ اَنْ يُّقَاتِلُوْكُمْ اَوْ يُقَاتِلُوْا قَوْمَهُمْ ۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَسَلَّطَهُمْ عَلَيْكُمْ فَلَقَاتَلُوْكُمْ ۚ فَاِنِ اعْتَزَلُوْكُمْ فَلَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ وَاَلْقَوْا اِلَيْكُمُ السَّلَمَ ۙ فَمَا جَعَلَ اللّٰهُ لَكُمْ عَلَيْهِمْ سَبِيْلًا
kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada suatu kaum, yang antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai) atau orang yang datang kepadamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu atau memerangi kaumnya. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya diberikan-Nya kekuasaan kepada mereka (dalam) menghadapi kamu, maka pastilah mereka memerangimu. Tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangimu serta menawarkan perdamaian kepadamu (menyerah), maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka.

(QS. An-Nisa' ayat 90)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement