Senin 21 Nov 2022 13:56 WIB

Jokowi Sebut Bakal Capres dan Cawapres Hadir di Munas HIPMI, Siapa Mereka?

Jokowi mengingatkan bakal capres dan cawapres jaga suasana politik 2024 yang hangat.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Andri Saubani
 Presiden  Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyebut bakal capres dan cawapres 2024 hadir di Munas HIPMI di Jakarta, Senin (21/11/2022). (ilustrasi)
Foto: AP/Alex Brandon
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyebut bakal capres dan cawapres 2024 hadir di Munas HIPMI di Jakarta, Senin (21/11/2022). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024-2029 hadir di Musyawarah Nasional (Munas) HIPMI ke 17 di Kota Solo, Senin (21/11/2022). Namun, Jokowi tidak menyebutkan siapa mereka-mereka yang hadir itu.

"Kedua yang berkaitan dengan politik, yang berkaitan dengan politik saya hanya titip pada calon-calon presiden calon-calon wakil presiden yang hadir di sini. Saya tidak mau sebut siapa tadi secara blak-blakan menteri investasi sudah sampaikan," kata Jokowi dalam sambutannya, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

Jokowi menyampaikan bahwa pihaknya hanya ingin menitipkan di mana kondisi dunia yang sangat rentan. Semuanya harus menjaga kondusivitas situasi politik itu dingin.

"Saya titip dalam kondisi yang rentan semua menjaga agar kondusifitas politik itu tetap adem kalau bisa, kalau tidak bisa paling banter ya anget tapi jangan panas," kata Jokowi.

Jokowi sekali lagi menegaskan bahwa situasi kondisi dunia sedang tidak normal. Pihaknya mengatakan bahwa ada 14 negara sudah masuk menjadi pasiennya International Monetary Fund (IMF).

"14 negara sudah masuk dalam posisi pasien IMF, tahun 97-98 itu hanya lima negara masuk pasien IMF itu saja sudah geger, ini sudah 14 negara masuk menjadi pasien IMF dan 28 negara ngantri di depan IMF lagi, diperkirakan sampai angka 66 dan itu tidak mungkin mendapatkan bantuan semuanya, tidak mungkin," tegas Jokowi.

Sekali lagi, Jokowi menegaskan bahwa pihaknya mengingatkan kepada capres dan cawapres untuk membawa suasana politik menuju 2024 tetap hangat. "Sekali lagi saya ingatkan kepada capres dan cawapres untuk membawa suasana politik kita menuju 2024 betul-betul paling banter anget dikit, syukur bisa adem," katanya.

Jokowi juga mengingat untuk calon capres dan cawapres agar tidak membawa politik sara, politisasi agama. "Debat silakan debat gagasan, debat ide membawa negara ini lebih baik silahkan tapi jangan sampai panas. Apalagi membawa politik-politik sara tidak, jangan. Politisasi agama tidak, jangan kita sudah merasakan dan itu terbawa lama hindari ini, lakukan politik-politik gagasan, ide tapi jangan masuk ke politik sara, agama, identitas sangat berbahaya bagi negara sebesar Indonesia yang sangat beragam," tutupnya.

Dalam Munas HIPMI tersebut, hadir beberapa tokoh. Di antaranya menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, DPR RI Puan Maharani, DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming.

photo
Skenario Empat Poros Koalisi Pilpres 2024 - (infografis republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement