Selasa 22 Nov 2022 05:17 WIB

4 Pekerjaan Rumah Ten Hag di MU Selama Jeda Piala Dunia 2022

MU akan menjalani pemusatan latihan di Spanyol pada Desember.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag.
Foto: AP/Leila Coker
Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) telah menetapkan sejumlah agenda sepanjang jeda Piala Dunia 2022. Tidak hanya soal latihan rutin para penggawa tim utama, Setan Merah juga dijadwalkan bakal melakoni dua laga persahabatan pada awal Desember mendatang. 

Para penggawa tim utama MU yang absen di Piala Dunia 2022, diketahui telah mulai kembali berlatih pada awal pekan ini. Setelah mendapatkan kesempatan beristirahat pada akhir bulan ini, skuad MU telah dijadwalkan menjadi pemusatan latihan di Spanyol. 

Baca Juga

Di sela-sela pemusatan latihan tersebut, MU akan melakoni dua laga persahabatan menghadapi Cadiz dan Real Betis. Ini merupakan program pelatih Erik ten Hag demi bisa menjaga kebugaran sebagian besar anak-anak asuhnya selama jeda kompetisi akibat Piala Dunia 2022. 

Selama periode tersebut, pelatih asal Belanda itu juga diharapkan sudah menemukan solusi terkait sejumlah masalah yang tengah dihadapi MU. Isu yang paling menonjol adalah soal kelanjutan kiprah Cristiano Ronaldo di Stadion Old Trafford. MU santer dilaporkan siap mengakhiri kerja sama dengan bintang asal Portugal pada Januari mendatang. Ini menjadi respons United usai wawancara kontroversial yang dilakukan Ronaldo dengan Piers Morgan. Kendati begitu, terlepas dari isu soal kelanjutan kiprah Ronaldo tersebut, Ten Hag sebenarnya memiliki pekerjaan rumah yang lebih besar terkait usaha meningkatkan performa timnya. Berdasarkan lansiran Manchester Evening News, ada empat aspek yang harus dibenahi Ten Hag sebelum United kembali melanjutkan kiprah pasca jeda kompetisi sebagai berikut:

Mengembalikan kondisi kebugaran Anthony Martial 

Tampil cukup menjanjikan pada laga pramusim, Martial malah mengawali kompetisi dari ruang perawatan. Penyerang asal Prancis itu mengalami cedera hamstring dan absen dalam dua laga awal Liga Primer Inggris. Sempat pulih dari cedera, Martial kembali absen lantaran cedera achilles dan punggung. 

Martial pun tercatat baru tampil dalam tujuh laga pada semua ajang dengan waktu bermain hanya 292 menit. Walau demikian, Martial mampu menyumbang empat gol dan dua assist dari tujuh penampilan tersebut. 

Ia dilaporkan telah pulih dari cedera, tapi Martial belum cukup bugar untuk tampil selama 90 menit. Dengan begitu, meningkatkan kondisi kebugaran Martial dapat menjadi solusi di lini depan United apabila Ronaldo benar-benar hengkang pada Januari mendatang. 

Membangun kembali kepercayaan diri Jadon Sancho 

Winger asal Inggris itu sebenarnya mengawali musim ini dengan cukup baik usai menyumbang dua gol dari lima laga awal Liga Primer Inggris. Namun, pemain berusia 22 tahun itu mulai mengalami penurunan performa. Posisi Sancho di tim inti pun mulai terancam dengan performa impresif Alejandro Garnacho. 

Pemain yang direkrut MU dengan banderol transfer mencapai 73 juta poundsterling itu pun diketahui mulai menarik diri dari aktivitas di media sosial. "Karena itu, periode jeda kompetisi kali ini sangat vital buat Sancho. Ten Hag harus bisa membangun kepercayaan diri Sancho untuk bisa bersaing di tim inti United," tulis laporan Manchester Evening News. 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement