Selasa 22 Nov 2022 19:18 WIB

Kepala BPIP Minta DPPI Kawal Kaderisasi Calon Pemimpin Bangsa yang Berkarakter Pancasila

Kepala BPIP melantik Pelaksana Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Pusat

Red: Christiyaningsih
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi melantik Pelaksana Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Tingkat Pusat di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (22/11/2022).
Foto: BPIP
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi melantik Pelaksana Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Tingkat Pusat di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (22/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi melantik Pelaksana Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Tingkat Pusat di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (22/11/2022). Ia mendorong DPPI terus berkomitmen mengawal dan menjalankan tugasnya untuk proses kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila mealui program Paskibraka.

Yudian menegaskan hal tersebut berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Peraturan BPIP Nomor 3 tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor 51 yang menggantikan Perpres Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Perban Nomor 1 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor 13 Tahun 2021 yang sudah dicabut.

Baca Juga

"Untuk menjamin keberlangsungan bangsa dan negara diperlukan upaya dari setiap komponen bangsa untuk bisa menyiapkan kader pemimpin yang akan melanjutkan perjuangan bangsa," ujarnya.

Yudian bahkan meminta kepada DPPI agar bersungguh-sungguh melaksanakan tugas dengan tetap memegang teguh empat konsensus berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UU 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Kita semua berharap Paskibraka, Purnapaskibraka, dan Purnapaskibraka Duta Pancasila di bawah koordinasi BPIP secara nasional dapat bersama-sama bergotong royong menjaga amanah dan bekerja produktif serta karya nyata," paparnya.

Di samping itu sinergisitas nyata kementerian dan lembaga lainnya dengan disertai persaudaraan erat dari segenap komponen lainnya menjadi kekuatan besar untuk Indonesia maju. "Gotong royong juga sangat diperlukan dengan kementerian lembaga lain mengenai Kepaskibrakaan untuk mewujudkan Indonesia maju dan abadi," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina menjelaskan dalam kepengurusan pelaksana DPPI tersebut di antaranya sembilan orang pengurus dan tiga orang majelis pertimbangan DPPI. "Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya pelantikan ini, organisasi DPPI semakin siap dalam melaksanakan program-program Paskibraka seperti yang diamanatkan Perpres nomor 51 tahun 2022," kata Rima.

Dirinya meyakini adanya organisasi DPPI dapat menciptakan kader-kader calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. Tidak hanya itu, Paskibraka di seluruh Indonesia yang didominasi generasi milenial ini dapat memiliki jiwa dan karakter Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ketua DPPI tingkat pusat Yuslihayanti mengaku akan segera membentuk kepengurusan kemudian menjalankan program terdekatnya seperti membentuk DPPI Daerah. "Kami akan segera bekerja bergotong royong salah satunya membentuk DPPI di Daerah", ucapnya.

Selain itu, pihaknya dan BPIP telah menyusun rencana induk program dan melakukan pembinaan lanjutan Paskibraka Duta Pancasila di seluruh Daerah. "Jadinya banyak program-program untuk adik-adik kami di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kompetensi guna menciptakan pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement