Rabu 23 Nov 2022 02:49 WIB

World Barista Champion 2021 Asal Kolombia Berbagi Ilmu di Jakarta

Diego Campos berasal dari Kolombia yang merupakan negara penghasil kopi.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Peracik kopi asal Kolombia Diego Campos mengolah biji kopi di Colombian Coffee Experience.
Foto: Dok. Web
Peracik kopi asal Kolombia Diego Campos mengolah biji kopi di Colombian Coffee Experience.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- World Barista Champion 2021 asal Kolombia, Diego Campos berbagi ilmu dan keahliannya di Jakarta. Diego mengisi kegiatan Colombian Coffee Experience yang digelar Exelco, Selasa (22/11/2022).

Pada kesempatan ini, iamelakukan “Bar Take Over”. Barista kelahiran Tolima, Kolombia ini menyeduh kopi terbaik dari Kolombia. 

Baca Juga

Ia dikenal telah menggeluti dunia kopi sejak 2008. Diego memulai kariernya sejak dia baru berusia 18 tahun. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai roaster untuk sebuah perusahaan specialty coffee yang berbasis di Bogota. 

“Saya bekerja sejak berusia 18 tahun, sejak tahun 2008. Pengalaman ini sangat bermakna bagi hidup saya yang ingin saya dedikasikan untuk dunia perkopian. Menjadi Juara Dunia Barista (World Barista Champion) adalah impian yang menjadi kenyataan,” kata Diego yang sejak masa mudanya rajin mengikuti kompetisi barista di waktu-waktu senggangnya.

Diego dinobatkan sebagai juara barista di Kolombia pada tahun 2014, sebelum kembali memenangi kompetisi serupa di tahun 2016 dan 2019. Gelar World Barista Champion diraihnya pada 2021 di Milan, Italia.

Diego yang memiliki perkebunan kopi bernama Finca El Diamante di Huila, Kolombia, tinggal bersama istri dan anaknya, dan kini sedang memfokuskan diri untuk berbagi pengalamannya tentang kopi kepada generasi muda produser kopi di Kolombia. 

“Saya sangat bersemangat untuk menyebar-luaskan pengalaman saya, bahwa perubahan sekecil apapun dalam hal penanaman, pemanenan dan teknik memproses kopi, akan berdampak besar terhadap kualitas kopi yang dihasilkan,” kata dia. 

Kegiatan yang merupakan kolaborasi dengan Kedutaan Besar Kolombia ini diselenggarakan sebagai selebrasi persahabatan kedua negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kolombia berada di peringkat ketiga negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brasil dan Vietnam, sementara Indonesia berada di urutan keempat. 

“Excelso mendapatkan kehormatan besar bisa berkolaborasi dengan Kedutaan Kolombia dengan menghadirkan langsung Diego Campos sebagai World Champion Barista 2021 sekaligus mengundang para pecinta kopi di Indonesia untuk menikmati kopi terbaik dari Indonesia dan dari belahan dunia lain. Kali ini kami sengaja menyuguhkan kopi terbaik dari Kolombia, yang akan diracik langsung oleh Diego Campos,” kata Liechar Solihin, Direktur Excelso Multirasa.

Mayoritas kopi yang dihasilkan oleh Kolombia, adalah kopi arabika. Sejarah kopi Kolombia sendiri telah berjalan lebih dari 200 tahun. 

“Sungguh tidak mengherankan dengan sejarah sepanjang ini, kopi Kolombia menjadi salah satu jenis kopi yang dianggap terbaik kualitasnya oleh penggemar kopi. Kami berharap para pelanggan setia Excelso bisa merasakan pengalaman tentangvkopi Kolombia yang berbeda melalui acara ini,” kata Liechar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement