Rabu 23 Nov 2022 17:23 WIB

Begini Penampakan Bumi yang Diambil dari Ketinggian 92 Ribu Kilometer

Pesawat Orion mengambil foto Bumi dari ketinggian 92 ribu kilometer.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto selfie pesawat Orion dengan latar belakang  Bumi
Foto: nasa
Foto selfie pesawat Orion dengan latar belakang Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE CANAVERAL — Misi Artemis 1 telah mengirimkan gambar pertamanya dari luar angkasa. Misi Artemis diluncurkan di atas megaroket Space Launch System (SLS) pada Rabu (16/11/2022). Misi mengirimkan kapsul Orion untuk melakukan uji terbang tanpa awak mengelilingi bulan.

Foto yang dikirimkan adalah foto selfie dari perangkat keras pesawat ruang angkasa Orion. Pada saat selfie diambil, kapsul tersebut berada lebih dari 57.000 mil (92.000 kilometer) dari Bumi. Jarak itu sekitar seperlima dari jarak ke bulan. Pesawat bergerak dengan kecepatan hampir 8.800 kilometer per jam.

Baca Juga

“Pemandangan Bumi ini ditangkap dari pesawat antariksa manusia yang tidak terlihat sejak 1972 selama misi terakhir Apollo sekitar 50 tahun yang lalu,” kata juru bicara Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) Sandra Jones selama siaran langsung berbagi pandangan dari kapsul, Rabu (16/11/2022), dilansir dari Space, Kamis (17/11/2022).

Selain gambar “swafoto”, NASA juga merilis tampilan dari dalam kapsul, yang menunjukkan “penumpang” Komandan Mooniki Campos, yang sedang menguji setelan oranye yang akan dikenakan astronaut di atas kendaraan pada misi Artemis berikutnya

Selain itu juga tampak eksperimen Callisto, kemitraan dengan Amazon untuk menguji teknologi Alexa di luar angkasa. Salah satu jendela Orion terlihat di sisi kanan tampilan.

Pada hari misi ke 13 (28 November) Orion akan memecahkan rekor yang dibuat oleh Apollo 13 untuk jarak terjauh kendaraan awak dari Bumi. Orion akan mencapai hampir jarak 483.000 km dari planet kita. Orion akan kembali ke Bumi pada 11 Desember 2022.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement