Kamis 24 Nov 2022 19:28 WIB

UI Kirim 12 Mahasiswa Bantu Korban Gempa Cianjur

UI mengirimkan sebanyak 12 mahasiswa untuk membantu korban gempa Cianjur.

Red: Bilal Ramadhan
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban yang diduga seorang anak di Gedung Madrasah Nurul Iman, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). UI mengirimkan sebanyak 12 mahasiswa untuk membantu korban gempa Cianjur.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban yang diduga seorang anak di Gedung Madrasah Nurul Iman, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). UI mengirimkan sebanyak 12 mahasiswa untuk membantu korban gempa Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia mengirimkan 12 mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam UI dan Geography Mountaineering Club Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI ke Cianjur, Jawa Barat untuk membantu korban gempa di daerah itu.

Dalam melakukan kegiatan UI Peduli ini, Mapala UI berkoordinasi dengan instansi terkait, salah satunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.

Baca Juga

"Selain membagikan logistik berupa akomodasi dan konsumsi kepada para korban gempa, mahasiswa UI juga mendukung kegiatan BPBD melakukan asesmen daerah yang terisolir dan pemetaan daerah terdampak agar bantuan dapat terdistribusi tepat sasaran ke korban yang paling membutuhkan," kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusiadi Depok, Kamis (24/11/2022).

Ia mengatakan asesmen juga dilakukan terhadap kondisi sekolah-sekolah di Cianjur dan tingkat kerusakan untuk memperoleh gambaran bagaimana kegiatan pendidikan di daerah tersebut dapat segera pulih.

UI Peduli merupakan wujud pengabdian masyarakat UI, baik berbentuk aksi maupun bantuan sosial, yang disebarkan ke seluruh Tanah Air. Amelita mengatakan Tim UI Peduli berada di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM).

Selama ini, UI Peduli selalu gerak cepat turun ke daerah yang mengalami bencana dengan menggandeng beberapa pihak atau mitra, mulai dari Iluni (Ikatan Alumni) UI, pemerintah setempat, memberikan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban.

Ia memberi contoh salah satu kegiatan UI Peduli pada Desember 2021, yakni ketika UI mendatangi tiga lokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dalam rangka melakukan kegiatan pengabdian masyarakat guna menanggapi dampak erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021.

Saat itu, UI Peduli membawa 50 paket lampu senter serta paket pendidikan yang berisi tas sekolah, alat tulis sekolah, tempat minum botol, kaos kaki, tempat pensil, makanan ringan, dan susu kotak sejumlah 200 paket.

Sebelumnya, awal tahun (2-4 Maret 2022) UI Peduli terjun ke lima titik daerah banjir di Pekalongan, yakni Desa Wiradesa, GOR Jatayu, Muhammadiyah Disaster Management Center Pekalongan, Kantor Kepala Desa Pecakaran, dan Kantor Kepala Desa Pesanggrahan di Kecamatan Wonokerto, membawa bantuan yang berkaitan dengan kesehatan, seperti vitamin, propolis, dan masker medis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement